Afrisa, Sena (2025) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belanja di E-commerce pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2021. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Afrisa, Sena. 2025. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belanja di E-commerce pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2021. Skripsi, Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Muazza, M.Si., (II) Destri Yaldi, S.Pd., M.Pd.E. Kata Kunci: Minat Belanja, E-commerce, Faktor Konsumen Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya aktivitas belanja online di kalangan mahasiswa, khususnya pada platform e-commerce, seiring dengan perkembangan teknologi digital dan kemudahan akses internet yang mendorong perubahan perilaku konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belanja mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2021 Universitas Jambi pada e-commerce serta mengetahui faktor yang paling dominan berpengaruh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 100 orang mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2021 yang sekaligus dijadikan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner dan dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, serta analisis faktor dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam faktor yang mempengaruhi minat belanja mahasiswa di e-commerce, yaitu keamanan, kenyamanan, kemudahan, harga, pengalaman, dan kualitas produk. Faktor yang paling dominan mempengaruhi minat belanja mahasiswa adalah faktor kepuasan pelanggandengan kontribusi sebesar. 59,789%. Sedangkan faktor brand credibility juga berkontribusi terhadap minat belanja mahasiswa dengan nilai sebesar 11,159%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa minat belanja mahasiswa di e-commerce dipengaruhi oleh faktor ekonomi maupun non-ekonomi, dengan kepuasan pelanggan sebagai faktor utama. Oleh karena itu, pelaku e-commerce perlu meningkatkan kualitas layanan, keamanan transaksi, serta kenyamanan pengguna agar mampu mempertahankan minat belanja konsumen.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belanja, E-commerce, Faktor Konsumen |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Sena Afrisa |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 03:45 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 03:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |