Efektivitas Model Project Based Learning Berbantuan Artificial Intelligence Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Fase F SMA Negeri 10 Kota Jambi

Sadira, Valda (2025) Efektivitas Model Project Based Learning Berbantuan Artificial Intelligence Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Fase F SMA Negeri 10 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (232kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (304kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi abad ke-21 berdampak besar pada dunia pendidikan dan menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir kritis. Siswa masih mengalami kesulitan dalam mencari informasi, mengolah informasi dan menjawab soal esai yang menuntut kemampuan mendalam serta analisis kritis siswa. Kondisi ini menunjukkan kebutuhan pelaksanaan pembelajaran yang efektif. PjBL dapat menjadi solusi karena menekankan pembelajaran aktif, kolaboratif, dan pemecahan masalah nyata. Penerapan PjBL akan semakin optimal dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai alat bantu belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model Project Based Learning berbantuan Artificial Intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Fase F SMA Negeri 10 Kota Jambi. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (Quasi Experimental Reseach). Subjek penelitian adalah siswa fase F kelas XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Pengujian Prasyarat One-Way ANCOVA dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji homogenitas kemiringan regresi, dan uji linearitas hasil uji prasarat menujukan data didapat dilanjutkan menggunakan uji analisis One Way ANCOVA. Hasil uji One-Way ANCOVA menunjukkan p = 0,188 > 0,05. Hasil Kesimpulannya ialah penerapan model PjBL berbantuan AI tidak efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Fase F SMA Negeri 10 Kota Jambi. Model PjBL berbantu AI dapat diterapkann dalam proses pembelajaran dengan catatan pelaksanaannya harus terkontrol melalui instruksi yang jelas serta pengawasan aktif dari guru. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan dengan menggunakan model pembelajaran yang relevan dengan tantangan abad ke-21 serta mendorong penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: AI,Berpikir Kritis,PjBL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: VALDA SADIRA
Date Deposited: 14 Oct 2025 07:36
Last Modified: 14 Oct 2025 07:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86623

Actions (login required)

View Item View Item