Rahmanda, Teguh (2025) ANALISIS MAKNA GERAKAN TARI ASEIK MASYARAKAT KERINCI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
coverr 1.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
abstrak teguh.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
bab V.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
MAKNA GERAKAN TARI ASEIK TEGUH RILL .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (116kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam sejarah awal, makna, nilai, dan relevansi tradisi Tari Aseik masyarakat Kerinci sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Sejarah. Tari Aseik merupakanwarisan budaya nonbenda dan ritual yang telah berlangsung sejak zaman nenek moyang masyarakat Kerinci. Secara tradisional, fungsi Tari Aseik adalah sebagai media ritual penghormatan kepada roh leluhur, pengobatan penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara medis, serta sebagai bentuk rasa syukur pada acara adat besar seperti Kenduri Sko atau perayaan hasil panen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Aseik memiliki makna spiritual dan sakral yang mendalam, di mana gerakan-gerakan yang dilakukan secara berulang merupakan upaya untuk menjalin komunikasi dengan leluhur atau entitas spiritual. Tradisi ini mengandung nilai-nilai luhur seperti nilai religius, kebersamaan/gotong royong, pelestarian adat, dan nilai karakter cinta tanah air.Makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam Tari Aseik memiliki relevansi yang kuat untuk diintegrasikan ke dalam Pembelajaran Sejarah di SMA/SMK, khususnya pada Kompetensi Dasar (KD) 3.5 yang membahas tentang Menganalisis Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia dalam Aspek Kepercayaan, Sosial, Ekonomi, dan Kebudayaan Masa Praaksara. Integrasi Tari Aseik sebagai sumber belajar sejarah lokal diharapkan dapat menjadi sarana yang menarik dan bermakna untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap warisan budaya, menanamkan kesadaran sejarah, dan memupuk rasa cinta tanah air sebagai generasi penerus
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tari Aseik, Makna Gerakan, Nilai Budaya, Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | RAHMANDA |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 06:41 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 06:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |