Analisis Kemampuan Literasi Digital Ditinjau Dari Digital Safety Pada Siswa Di SMA Negeri Titian Teras H. Aburrahman Sayoeti Jambi

Chahyani, Anggit Deyana and Nofrianda, Rion and Iranda, Agung (2025) Analisis Kemampuan Literasi Digital Ditinjau Dari Digital Safety Pada Siswa Di SMA Negeri Titian Teras H. Aburrahman Sayoeti Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB V Kesipulan dan Saran.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi Anggit Deyana full teks.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Rendahnya kemampuan literasi digital siswa dalam menjaga keamanan informasi dan data pribadi membuat mereka rentan menjadi korban penyalahgunaan digital, seperti pencurian akun, penyalahgunaan data, hingga pemanfaatan informasi yang dapat merugikan. Hal ini menegaskan pentingnya literasi digital sebagai dasar perlindungan diri dalam dunia digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi digital dan digital safety pada siswa di SMA Negeri Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti Jambi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Responden berjumlah 88 siswa kelas X dan XI yang dipilih melalui teknik cluster sampling. Instrumen penelitian berupa skala literasi digital dan skala keamanan digital. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson untuk mengidentifikasi hubungan antarvariabel.Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara literasi digital dan keamanan digital, ditunjukkan dengan nilai F sebesar 60,33 dan signifikansi <0,001. Analisis deskriptif mengungkapkan bahwa literasi digital siswa berada pada kategori sedang, demikian pula dengan keamanan digitalnya.Temuan ini memperlihatkan bahwa semakin tinggi tingkat literasi digital siswa, semakin baik pula kemampuan mereka dalam menjaga keamanan digital. Dengan demikian, peningkatan literasi digital dapat menjadi strategi penting untuk memperkuat perlindungan siswa dari risiko penyalahgunaan teknologi. Kata kunci: Literasi digital, Digital Safety, Siswa SMA ABSTRACT The low level of students’ digital literacy in safeguarding personal information and data makes them vulnerable to digital misuse, such as account theft, data exploitation, and the misuse of information that may harm them. This condition highlights the importance of digital literacy as a foundation for protecting oneself in the digital environment.This study aims to examine the relationship between digital literacy and digital safety among students at SMA Negeri Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti Jambi. This research employed a quantitative approach with a correlational design. The respondents were 88 students from grades X and XI, selected using cluster sampling. Data were collected through digital literacy and digital safety scales. The analytical method applied was Pearson correlation to identify the relationship between the two variables.The findings indicate a significant relationship between digital literacy and digital safety, with an F-value of 60.33 and a significance level of p < 0.001. The descriptive results also show that students’ digital literacy and digital safety are both at a moderate level. These results suggest that the higher the students’ level of digital literacy, the better their ability to maintain digital safety. This, strengthening digital literacy can serve as an effective strategy to improve digital safety and protect students from digital misuse. Keywords: Digital literacy, Digital safety, High school students

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Digital Safety, Siswa SMA Digital Literacy, Digital Safety, High School Students
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: ANGGIT DEYANA CHAHYANI
Date Deposited: 17 Oct 2025 06:41
Last Modified: 17 Oct 2025 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86744

Actions (login required)

View Item View Item