SHINTA TURNIP, MEY PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN SENAM OTAK (BRAIN GYM) ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B3 TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN BUNDA KOTA JAMBI. JURNAL PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN SENAM OTAK (BRAIN GYM) ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B3 TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN BUNDA KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (52kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (17kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (24kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK Mey Shinta Turnip, 2019. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Senam Otak (Brain Gym) Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B3 Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kota Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd, (2) Jelpa Periantalo, S.Psi., M.Psi., Psi. Kata Kunci: Perkembangan Motorik Halus, Senam Otak (Brain Gym). Penelitian ini berlatar belakang yaitu perkembangan motorik halus anak kelompok B3 di Taman Kanak-kanak Harapan Bunda Kota Jambi masih belum berkembang dengan optimal dikarenakan pada saat proses pembelajaran anak masih mengalami kesulitan dalam hal keterampilan gerak kedua tangan dan pergerakan jari-jemari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan senam otak (brain gym) Kelompok B3 Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kota Jambi. Perkembangan motorik halus yang dimaksudkan dalam penelitian ini yaitu pencapaian indikator keterampilan gerak kedua tangan, pergerakan jari-jemari, koordinasi mata dan tangan serta pengendalian emosi dalam melalukan kegiatan senam otak (brain gym). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan langkah-langkah penelitian tindakan meliputi perencanaan , pelaksanaan, pengamatan dan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan. Subjek penelitian anak usia 5-6 tahun kelompok B3 Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kota Jambi yang berjumlah 17 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus 4 kali pertemuan. Data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar observasi. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar observasi yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan senam otak (brain gym) Kelompok B3 Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kota Jambi yaitu: Dari pratindakan dengan persentase 25%, Peningkatan dari siklus I pertemuan 1 dengan persentase 25,78%, siklus I pertemuan 2 dengan persentase 28,38%, siklus I pertemuan 3 dengan persentase 34,58%, siklus I pertemuan 4 dengan persentase 39,53%. Peningkatan dari siklus II pertemuan 1 dengan persentase 56,88%, siklus II pertemuan 2 dengan persentase 61,29%, siklus II pertemuan 3 dengan persentase 77,91%, dan siklus II pertemuan 4 dengan persentase 89,33% melebihi kriteria nilai ketuntasan 85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan senam otak (brain gym) Kelompok B3 Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kota Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi keberhasilan 85%, maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil. Saran untuk penelitian selanjutnya sebaiknya peneliti dalam pelaksanaan kegiatan senam otak (brain gym) lebih kreatif dalam mencontohkan gerakan untuk mencapai tingkat perkembangan motorik halus yang lebih maksimal.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MEY SHINTA TURNIP |
Date Deposited: | 23 Jul 2019 03:41 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 03:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |