PERANCANGAN GEOMETRI JALAN ALTERNATIF UNTUK MEMPERPENDEK JARAK PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PIT 1 PADA PT MEGAH BARA SEJAHTERA JOBSITE PT BUKIT ASAM TBK, KECAMATAN PERANAP, KABUPATEN INDRAGIRI HULU, PROVINSI RIAU

Oktarino, Rifki (2025) PERANCANGAN GEOMETRI JALAN ALTERNATIF UNTUK MEMPERPENDEK JARAK PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PIT 1 PADA PT MEGAH BARA SEJAHTERA JOBSITE PT BUKIT ASAM TBK, KECAMATAN PERANAP, KABUPATEN INDRAGIRI HULU, PROVINSI RIAU. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrac.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL_RIFKI OKTARINO_F1D120012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Lembar pengesahan rifki.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pada akhir bulan Oktober 2024, PT Megah Bara Sejahtera memerlukan akses jalan baru untuk memperpendek jarak pengangkutan overburden dan juga untuk menambah akses jalan yang ada, karena pada rencana penambangan dibulan selanjutnya tidak bisa melewati jalan yang sudah ada. Pada akses jalan yang lama memiliki jarak yang cukup jauh dari front menuju disposal dan jalan akses baru ini juga diperlukan untuk meningkatkan produktivitas, oleh karena itu PT Megah Bara Sejahtera berencana akan membuat akses jalan baru agar produksi tetap tercapai. Sehingga diperlukan adanya rancangan geometri jalan baru sebagai jalan alternatif apabila terjadi kendala pada jalan akses yang lama. Kondisi geometri jalan secara umum akan disesuaikan dengan standar Keputusan Menteri Energi dan Sumberdaya Alam No. 1827 K/30/MEM/2018, adapun parameter yang sesuai yaitu lebar jalan lurus, tinggi tanggul, kemiringan jalan melintang, dan grade jalan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuat desain jalan baru yang akan memberi keuntungan yaitu meningkatkan produktivitas dan jalan baru ini mempunyai jarak yang lebih dekat ke disposal dibandingkan dengan akses jalan lama yaitu pada jalan lama memiliki jarak dari front menuju disposal sebesar 800 meter dan pada jalan baru memiliki jarak front menuju disposal sebesar 500 meter. Rancangan jalan baru ini dibuat berdasarkan alat angkut paling besar yang terdapat pada PT Megah Bara Sejahtera yaitu HD Lgmg MT86H. Hasil penelitian ini adalah perancangan geometri jalan yang sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumberdaya Alam No. 1827 K/30/MEM/2018 yang memiliki beberapa parameter yaitu 12,425 meter untuk lebar jalan lurus, 0,825 meter untuk tinggi tanggul, 2% untuk kemiringan jalan melintang, dan 8% maksimal untuk grade jalan, dan volume cutfill yang terdapat pada desain jalan ini yaitu penggalian (cut) sebesar 6.497 bcm dan volume penimbunan (fill) sebesar 2.153 bcm. Untuk produktivitas jalan lama didapatkan yaitu sebesar 80.89 bcm/jam dan untuk jalan baru didapatkan yaitu 91.43 bcm/jam, nilai produktivitas alat angkut naik sebesar 10.54 bcm/jam.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Geometri Jalan, Disposal, Front, Grade, Cutfill.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Pertambangan
Depositing User: OKTARINO
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:59
Last Modified: 16 Oct 2025 03:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86776

Actions (login required)

View Item View Item