DETERMINAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JAMBI (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1)

ARINDA, FAZA FIZYA (2025) DETERMINAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JAMBI (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1). S1 thesis, Ekonomi Pembangunan.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (496kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Determinan Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1)’’. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui karakteristik responden mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi yang berminat berwirausaha. 2).Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, media sosial dan uang sakuterhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Studi ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif, mengumpulkan data melalui kuesioner secara online menggunakan google form dan menggunakan metode pengukuran skala likert. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan pendekatan Slovin untuk menentukan besar sampel. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis yang aktif kuliah dan sampel yang digunakan sebanyak 97 responden. Alat analisis data yang digunakan ialah regresi linear berganda biasa dengan menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil regresi linier berganda dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa, sedangkan variabel media sosial dan uang saku dalam kasus ini tidak berpengaruh signifikan, namun jika dilihat dari arah koefisien regresinya variable uang saku memiliki pengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Semua variabel dalam penelitian ini yaitu pendidikan kewirausahaan, media sosial, dan uang saku secara bersama-sama secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi. Kata Kunci: Kewirausahaan, Media Sosial, Uang Saku, Minat Berwirausaha Mahasiswa, Pendidikan. This research is titled "Determinants of Entrepreneurial Interest Among Students of the Faculty of Economics and Business, University of Jambi (A Case Study on Undergraduate Students)." The objectives of this study are: 1). To identify the characteristics of students in the Faculty of Economics and Business at the University of Jambi who are interested in entrepreneurship. 2). To examine the influence of entrepreneurship education, social media, and pocket money on the entrepreneurial interest of students in the Faculty of Economics and Business at the University of Jambi. This study employs a quantitative descriptive analysis method, collecting data through online questionnaires using Google Forms and employing the Likert scale measurement method. The researcher used a simple random sampling technique and applied the Slovin formula to determine the sample size. The population in this study consists of undergraduate students in the Faculty of Economics and Business who are actively enrolled, with a total sample of 97 respondents. The data analysis tool used was multiple linear regression, utilizing the SPSS application.Based on the results of the multiple linear regression analysis, it was found that the Entrepreneurship Education variable has a significant effect on students' entrepreneurial interest, while the Social Media and Pocket Money variables do not have a significant effect in this case. However, based from the direction of the regression coefficient, the Pocket Money variable shows a positive influence on students' entrepreneurial interest. All the variables in this study entrepreneurship education, social media, and pocket money jointly have a significant simultaneous effect on the entrepreneurial interest of students in the Faculty of Economics and Business at the University of Jambi. Keywords: Entrepreneurship, Social Media, Pocket Money, Students’ Entrepreneurial Interest, Education.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ARINDA
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:51
Last Modified: 20 Oct 2025 02:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87123

Actions (login required)

View Item View Item