Pengaruh Modal, Lama Usaha, Jam Kerja, Pemasaran Digital, Dan Penggunaan Qris Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kuliner Di Kecamatan Kotabaru

Grace, Yohana Swe (2025) Pengaruh Modal, Lama Usaha, Jam Kerja, Pemasaran Digital, Dan Penggunaan Qris Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kuliner Di Kecamatan Kotabaru. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI YOHANA SWE GRACE_C1A021221 VALID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover Yohana.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (224kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB I Yohana.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB VI Yohana.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis karakteristik sosial dan ekonomi pelaku usaha UMKM Kuliner di Kecamatan Kota Baru, dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh modal, lama usaha, jam kerja, pemasaran digital, dan penggunaan QRIS terhadap pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner di Kecamatan Kotabaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik cluster random sampling untuk menentukan sampel sebanyak 111 pelaku UMKM kuliner. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak Eviews-12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal, lama usaha, jam kerja, pemasaran digital, dan penggunaan QRIS secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM kuliner. Selain itu, kelima variabel tersebut secara simultan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM kuliner di Kecamatan Kotabaru. Temuan ini menegaskan pentingnya faktor-faktor tersebut dalam meningkatkan kinerja dan pendapatan UMKM kuliner di wilayah penelitian.Kata Kunci: Modal,Lama Usaha,Jam Kerja,Pemasaran Digital, QRIS, Pendapatan, dan UMKM Kuliner.This study aims to identify and analyze the social and economic characteristics of culinary MSME entrepreneurs in Kota Baru District, and to identify and analyze the influence of capital, length of business, working hours, digital marketing, and the use of QRIS on the income of culinary Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Kotabaru District. The research method used was quantitative with cluster random sampling technique to determine a sample of 111 culinary MSME entrepreneurs. The data were analyzed using multiple linear regression with the help of Eviews-12 software. The results showed that capital, length of business, working hours, digital marketing, and the use of QRIS had a partial positive and significant effect on the income of culinary MSMEs. Furthermore, these five variables simultaneously have a positive and significant effect on the income of culinary MSMEs in Kotabaru District. These findings emphasize the importance of these factors in improving the performance and income of culinary MSMEs in the study area. Keywords: Business Capital, Business Duration, Working Hours, Digital Marketing, QRIS, Revenue, Culinary MSMEs.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Business Capital, Business Duration, Working Hours, Digital Marketing, QRIS, Revenue, Culinary MSMEs.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: YOHANA SWE GRACE
Date Deposited: 30 Oct 2025 03:26
Last Modified: 30 Oct 2025 03:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87378

Actions (login required)

View Item View Item