PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

SARI, LUKITA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. JURNAL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
8 daftar isi tabel gambar today.pdf

Download (39kB)
[img] Text
1 BAB I PENDAHULUAN fiks hari ini.docx.pdf

Download (135kB)
[img] Text
5 BAB V kesimpulan dan saran pake hal.pdf

Download (71kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Lukita . 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Materi Hukum Dasar Kimia Di Kelas X MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Prof. Dr. M. Rusdi., S.Pd., M.Sc, Pembimbing II: Dr. Drs. Syamsurizal, M.Si. Kata kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Analisis Siswa, Hukum Dasar Kimia . Latar belakang penelitian ini adanya permasalahan yang dihadapi siswa yaitu ketika siswa diberi sebuah permasalahan siswa tersebut sedikit mengalami kesulitan dikarenakan tidak terbiasa belajar dengan mengaitkan kedalam sebuah permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perubahan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dalam menerapkan model Problem Based Learning, dan untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa melalui penerapan model Problem Based Learning , serta untuk mengetahui lingkungan belajar yang bagaimanakah yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di kelas X MIA 4 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian pada penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa terlihat pada persentase kemampuan analisis siswa meningkat pada siklus I ke II dan siklus II ke III . Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning pada proses pembelajaran dikelas dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LUKITA SARI
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:08
Last Modified: 01 Aug 2019 04:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8839

Actions (login required)

View Item View Item