YUNIATI, WIDYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR ASOSIATIF DI KELOMPOK B TK ISLAM AL-MUTTAQIN KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR ASOSIATIF DI KELOMPOK B TK ISLAM AL-MUTTAQIN KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (66kB) |
Abstract
ABSTRAK Widya Yuniati 2019 Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Dengan Menggunakan Media Gambar Asosiatif Di Kelompok B TK Islam Al- Muttaqin Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing I Dr.Drs. H.Hendra Sofyan, Msi dan Pembimbing II Nyimas Muazzomi, S.Ag, M.Pd,I Kata kunci : Media Asosiatif, Kemampuan Mengenal Bilangan Angka 1-10, Siswa Berdasarkan hasil observasi di TK Islam Al-Muttqin Kota Jambi, kemampuan anak mengenal konsep bilangan masih rendah. Begitu pula dalam penerapan metode demonstrasi kurangnya media atau sumber pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan. Hal ini disebabkan karena guru lebih mendominasi (teacher center) sehingga menyebabkan anak masih bersifat pasif dalam mengikuti kegiatan. Atas dasar inilah peneliti berkeinginan melakukan penelitian tindakan kelas, dengan ini peneliti, mengambil judul “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Dengan Menggunakan Media Gambar Asosiatif Di Kelompok B TK Islam Al- Muttaqin Kota Jambi Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk melihat aktivitas guru dalam 1) Untuk mengetahui gambaran kemampuan mengenal angka 1-10 menggunakan media gambar asosiatif di kelompok B TK Islam Al-Muttaqin Kota Jambi di siklus I, 2) Untuk mengetahui gambaran kemampuan mengenal angka 1-10 menggunakan media Gambar Asosiatif di kelompok B TK Islam Al-Muttaqin Kota Jambi di siklus II Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang, disetiap siklusnya terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Islam Al-Muttaqin Kota Jambi sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan persentase kemampuan anak pada pratindakan 28.46%, siklus I 62.06% dan siklus II meningkat 91.67% melebihi dari indikator ketuntasan minimal 85% Berdasarkan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa media Media Gambar Asosiatif dapat meningkatkan kemampuan berhitung di kelompok B TK Islam Al-Muttaqin Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | WIDYA YUNIATI |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 02:21 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 02:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |