Ningsih, Imel Ledis Surya and Syamsurizal, Syamsurizal and Zurweni, Zurweni (2019) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA BERDASARKAN MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. Analisis.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (815kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
Abstract
Ledis Surya Ningsih, Imel. 2019. Analisis Penggunanaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Berdasarkan Multipel Representasi Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Drs. Syamsurizal, M.Si, Pembimbing II: Dr. Zurweni, M.Si. Kata kunci: Discovery Learning, Multipel Representasi, dan Larutan Penyangga. Kurikulum 2013 menuntut siswa mampu mengkonstruksi pemikirannya sendiri berdasarkan representasi kimia. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan multipel representasi dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model Discovery learning dan pengauhnya terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Berdasarkan Multipel Representasi Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 5. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Discovery learning baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay kemampuan level representasi siswa. Untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery learning dengan kemampuan level representasi siswa dilakukan uji korelasi dan koefesien determinasi product moment. Penggunaan model pembelajaran Discovery learning oleh guru terlaksana dengan baik sesuai dengan sintak pembelajaran dan oleh siswa sebesar 71,41% dengan kategori baik dan persentase kemampuan multipel representasi sebesar 76,63% dengan kategori baik serta tindakan mengajar guru yang dihubungkan dengan tindakan belajar siswa pada setiap pertemuan dengan kategori baik. Pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery learning terhadap kemampuan berpikir siswa berdasarkan multipel representasi dengan korelasi yang diperoleh rxy = 0,61 dengan tingkat hubungan kuat dan tingkat pengaruh rendah senilai 37,21 %. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Discovery learning berjalan dengan baik dan ada pengarunhya terhadap kemampuan berpikir siswa berdasarkan multipel representasi pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Muaro Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | IMEL LEDIS SURYA N |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 03:05 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 03:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |