SULISTIYA NINGSIH, AYU PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PENGURUS DAN EMOTIONAL BRANDING TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA KUD BERDIKARI DESA PENEROKAN KECAMATAN BAJUBANG. JURNAL PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PENGURUS DAN EMOTIONAL BRANDING TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA KUD BERDIKARI DESA PENEROKAN KECAMATAN BAJUBANG.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (30kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (56kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.....pdf Download (191kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
Abstract
ABSTRAK Ningsih,Ayu Sulistiya, 2019. Pengaruh gaya kepemimpinan pengurus dan emotional branding terhadap loyalitas anggota koperasi pada KUD BERDIKARI Desa Penerokan Kecamatan Bajubang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Sosial. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra.May Maemunah M, M.E (II) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci :Gaya Kepemimpinan Pengurus, Emotional Branding, Loyalitas Anggota. Loyalitas anggota koperasi yang ada di KUD BERDIKARI Desa Penerokan saat ini masih rendah. Gaya kepemimpinan pengurus yang dirasa kurang sesuai dan emotional branding yang rendah dari anggota menyebabkan loyalitas anggota masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan pengurus dan emotional branding terhadap loyalitas anggota koperasi pada KUD BERDIKARI Desa Penerokan Kecamatan Bajubang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah anggota koperasi yang berjumlah 160 orang anggota. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini mengggunakan analisis regresi hasil koefisien determinasi terlihat bahwa nilai R Square sebesar 0,620. Hal ini berarti bahwa variabel bebas memberikan sumbangan kepada variabel terikat sebesar 62% dan sisanya sebesar 38,0% dipengaruhi oleh fakor lain. Selain itu, nilai signifikansinya 0,000<0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa gaya kepemimpinan pengurus (X_1) dan emotional branding (X_2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas anggota (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terbentuk 2 variabel yaitu terdapat pengaruh gaya kepemimpinan pengurus dan emotional branding terhadap loyalitas anggota koperasi pada KUD BERDIKARI Desa Penerokan Kecamatan Bajubang. Persamaan regresi diperoleh dengan perhitungan yaitu Y = 13,314 + 0,497 X1 + 0,428 X_2. Maknanya menunjukkan bahwa jika gaya kepemimpinan pengurus baik dan emotional branding tinggi, maka akan mengakibatkan loyalitas anggotanya juga akan semakin tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disarankan pengurus koperasi beserta pimpinan hendaknya mampu menerapkan gaya kepemimpinan yang sesuai dan dibutuhkan oleh para anggotanya dan juga memperbaiki emotional branding dalam koperasi. Hal ini dimaksudkan agar para anggota merasa nyaman sehingga akan timbul loyalitas dari para anggota.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AYUSULISTIYANINGSIH |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 04:21 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 04:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |