H A R Y A T I, H A R Y A T I (2019) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI. JURNAL HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (106kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (124kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (23kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (195kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Kota Jambi Penulis : Haryati NIM : ERA1D012011 Pembimbing I : Dr. H. Hendra Sofyan, M.Si Pembimbing II : Drs. Asradi, MM Kata kunci: Disiplin belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang memperlihatkan adanya sebagian siswa masih belum mampu untuk mematuhi tata tertib maupun peraturan yang diberlakukan di lingkungan sekolah. Hal tersebut dibuktikan dengan cara berpakaian siswa yang kurang sesuai seperti tidak memakai atribut seragam dengan baik dan lengkap, baju seragam dikeluarkan hingga memakai seragam terlalu ketat. Rendahnya disiplin belajar siswa juga terlihat dalam proses pembelajaran, dimana terlihat bahwa siswa bersikap acuh tak acuh saat belajar, seringnya siswa menerima hukuman karena tidak mengerjakan tugas. Ada siswa yang tidak masuk atau terlambat untuk masuk kelas dan juga keluar dari kelas dengan alasan pergi ke toilet namun nyatanya pergi kekantin sekolah, bahkan ada siswa yang dipanggil orang tuanya karena ketahuan membolos dari sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Kota Jambi yang berjumlah 245 orang siswa. Dari jumlah populasi penelitian tersebut, kemudian dihitung jumlah sampel representatifnya, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 74 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang berisi 42 item pernyataan dan legger nilai semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis statistik Corellations non-parametrik ranking spearman dengan bantuan program SPSS 21,0 dimana data x merupakan disiplin belajar siswa dan data y adalah prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan formula persentase diketahui bahwa disiplin belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Kota Jambi berada pada kualitas yang baik (81,62%). Restaasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Kota Jambi berada pada kualitas yang baik (80,46). Hasil analisis korelasi dengan metode non-parametrik formula ranking spearman, diketahui bahwa terdapat korelasi rendah antara data disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Kota Jambi dengan nilai korelasi yang diperoleh yakni 0,29. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang jelas tetapi kecil antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Kota Jambi. KATA PENGANTAR Puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-nya kepada penulis sehingga penulis dapaat menyelesaikan skripsi yang berjudul: Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Penulisan skripsi ini merupakan salah satu kewajiban bagi setiap mahasiswa dalam rangka menyelesaikan tugas akhir pendidikan guna memperoleh gelar sarjana pendidikan pada Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi. Dalam penyelesaian skripsi ini penulis telah banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, baik secara moril maupun materil. Maka pada kesempatan ini, dengan segala kerendahan hati penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. Bapak Prof. Dr. rer.nat. Asrial, M.Si selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengikuti Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi. 2. Bapak Drs. Arsil, M.Pd selaku Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. 3. Bapak Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd selaku Ketua Program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi. 4. Bapak Dr. H. Hendra Sofyan, M.Si selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran dalam membimbing serta menyarankan penulis, sehingga skripsi ini dapat diselesaikan. 5. Bapak dan Ibu Dosen serta Staf pengajar pada Program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi yang telah memberikan ilmu dan pengetahuan selama penulis menjalani pendidikan. 6. Ibunda tercinta yang selalu memberikan motivasi, bantuan moril serta materil sehingga penulis dapat menyelesaikan pendidikan. Kritik dan saran penulis harapkan dari pembaca, guna perbaikan di masa mendatang, dan semoga skripsi ini bisa menjadi acuan penulisan pada penelitian selanjutnya. Akhirnya penulis berharap, semoga tugas akhir ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua dan semoga Allah SWT berkenan melimpahkan taufik dan hidayahnya kepada kita semua, amin. Jambi, 12 Agustus 2019 Penulis DAFTAR ISI ABSTRAK i KATA PENGANTAR ii DAFTAR ISI iv DAFTAR TABEL vi DAFTAR LAMPIRAN vii BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang 1 B. Batasan Masalah 6 C. Rumusan Masalah 6 D. Tujuan Penelitian 7 E. Manfaat Penelitian 7 F. Anggapan Dasar 8 G. Hipotesis Penelitian 8 H. Definisi Operasional 8 I. Kerangka Konseptual 9 BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Prestasi Belajar 1. Pengertian Prestasi Belajar 10 2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar ……………….. 13 3. Penilaian Prestasi Belajar 17 4. Karakteristik siswa yang Berprestasi dalam Belajar 20 B. Disiplin Belajar 5. Pengertian Disiplin Belajar 22 6. Aspek-Aspek Disiplin Belajar 24 7. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar 26 8. Pentingnya Disiplin 28 9. Strategi Penerapan Disiplin di Sekolah 29 C. Kaitan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar 33 BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis Penelitian 36 B. Populasi dan Sampel Populasi 37 Sampel 37 C. Jenis Dan Sumber Data Jenis Data 39 Sumber Data 39 D. Alat Pengumpulan Data Pengembangan Kisi-kisi Angket 39 Penetapan Option Jawaban Angket 40 E. Tekhnik Analisis Data Skor dan Pengelompokkan Data 40 Rumus dan Formula yang digunakan 41 Kriteria Penafsiran 43 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Data 44 B. Uji Asumsi Statistik Uji Normalitas Data 47 Uji Homogenitas Data 48 Uji Linearitas Data 49 C. Hasil Penelitian 50 D. Pembahasan Hasil Penelitian 53 BAB V SIMPULAN DAN SARAN A. Simpulan 58 B. Saran 59 C. Implikasi terhadap BK 60 DAFTAR PUSTAKA 61 LAMPIRAN 63 DAFTAR TABEL 1. Sebaran populasi penelitian 37 2. Sebaran sampel penelitian 38 3. Pengembangan kisi-kisi angket 40 4. Kriteria tafsiran persentase 43 5. Kriteria penafsiran korelasi 43 6. Deskripsi data angket variabel disiplin belajar 44 7. Hasil evaluasi jawaban angket disiplin belajar siswa 45 8. Hasil evaluasi nilai prestasi belajar siswa 46 9. Uji normalitas data 48 10. Uji homogenitas data 49 11. Uji linearitas data 49 12. Uji korelasi rangking spearman 51 13. Rekapitulasi skor variabel disiplin belajar siswa 53 DAFTAR LAMPIRAN 1. Surat pengantar penelitian dari Universitas Jambi 2. Surat keterangan telah melakukan penelitian dari SMA Negeri 10 Kota Jambi 3. Pengembangan Kisi-Kisi Angket Penelitian 4. Hasil judgement angket 5. Angket penelitian 6. Tabulasi data 7. Legger nilai siswa SMA N 10 Kota Jambi kelas XI 8. Outuput Analisis SPSS 21.0 9. Distribusi r tabel 10. Lembar Observasi SURAT PERNYATAAN Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama : Haryati NIM : ERA1D012011 Program Studi : Bimbingan Konseling Jurusan : Ilmu Pendidikan Dengan ini menyatakan bahwa skripsi yang berjudul “Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi” benar-benar hasil karya saya sendiri dan bukan hasil dari jiplakan dari penelitian orang lain. Bila dikemudian hari terbukti mengingkari pernyataan di atas, saya bersedia kesarjanaan saya dan segala kewenangan yang melekat pada kesarjanaan saya tersebut dibatalkan. Demikian pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tangggung jawab. Jambi, 12 Agustus 2019 Haryati PERSETUJUAN SKRIPSI Judul : Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi Oleh : Penulis : Haryati NIM : ERA1D01211 Program Studi : Bimbingan Konseling Skripsi ini telah disetujui oleh pembimbing skripsi I dan Pembimbing skripsi II untuk diuji. Jambi, 12 Agustus 2019 Dr. H. Hendra Sofyan, M.Si ........................ NIP. 1965050 199112 1001 Pembimbing I Drs. Asradi, M.M ........................ NIP. 19570823 198603 1004 Pembimbing II LEMBAR PENGESAHAN Dinyatakan LULUS setelah dipertahankan di depan Tim Penguji Skripsi Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Universitas Jambi pada tanggal 12 Juli 2019. Judul : Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi Nama : Haryati NIM : ERA1D012011 TIM PENGUJI Nama / NIP Jabatan Tanda Tangan Drs.Nelyahardi Gutjji,M,Pd Ketua ......................... NIP. 19600907 198503 1004 Drs. Asradi, MM Sekretaris ......................... NIP. 19570823 198603 1004 Dr. Akmal Sutja, M,Pd Penguji Utama ......................... NIP. 19591231 198403 1011 Freddi Sarman, S.Pd., M.Pd Anggota ......................... NIP. 20160505 1 005 Affan Yusra, S.Pd., M.Pd Anggota ......................... NIK. 20150905 2 031 Mengetahui, Dekan FKIP Univ. Jambi Ketua Jurusan IP Prof. Dr. Rer.nat. Asrial, M.Si Drs. Arsil, M.Pd NIP : 19630907 199003 1 002 NIP. 19591231 198503 1314
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HARYATI |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 00:39 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 00:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |