ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH SUKARNO UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Hari Shandy Putra, Angga (2019) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH SUKARNO UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS. JURNAL ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH SUKARNO UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (95kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Putra, Angga Hari Shandy. 2018. Analisis Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Bung Karno untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas: Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd. (II) Nelly Indrayani, S.Hum., M.Hum. Kata Kunci : Karakter, Bung Karno, Pembelajaran Sejarah Dewasa ini, lunturnya nilai karakter para peserta didik yang dihadapi dunia pendidikan Indonesia sudah sangat memprihatinkan. Ditandani dengan banyaknya perilaku dan tindakan yang sudah melewati batas moral dan etika. Salah satunya yaitu dengan maraknya kasus pemukulan yang dilakukan oleh peserta didik terhadap guru saat ini menunjukkan terjadinya degradasi karakter. Karakter sebagai suatu landasan untuk bersikap dan bertindak sudah tidak diperhatikan lagi. Berdasarkan fenomena tersebut pembelajaran sejarah diharapkan mampu menumbuhkan dan mengembangkan kembali karakter-karakter yang mulai pudar pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali dan menganalisis nilai karakter Bung Karno serta mengaplikasikan nilai tersebut dalam pembelajaran sejarah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian analisis dokumen. Metode pengumpulan data yaitu studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai pendidikan karakter pada Bung Karno diantaranya semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan peduli sosial. Nilai pendidikan karakter tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran sejarah melalui integrasi dengan kurikulum 2013. Penanaman nilai pendidikan karakter dapat dilakukan melalui inernalisasi dalam proses pembelajaran yaitu melalui kegiatan di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan melalui materi Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi. Pada RPP penanaman nilai melalui kegiatan apersepsi yaitu motivasi sedangkan pada materi dapat dijadikan sebagai bahan ajar tambahan. Dengan proses pembelajaran saat ini yang berpusat pada siswa diharapkan penghayatan serta pengamalan nilai karakter Bung Karno dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari baik di kelas maupun di luar kelas.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANGGA HARI SHANDY PUTRA
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:09
Last Modified: 15 Oct 2019 03:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9541

Actions (login required)

View Item View Item