Oktapioni, Dwi (2019) PENGARUH METODE TALKING STICK DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH METODE TALKING STICK DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (31kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI 001.jpg Download (80kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (320kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (292kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (150kB) |
Abstract
ABSTRAK Oktapioni, Dwi. 2019. Pengaruh Metode Talking Stick Dan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Muaro Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Salam, M.Si (II) Anny Wahyuni, Spd.,M.Pd Kata Kunci: Talking Stick, Example Non Example, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya guru dalam pengunaan metode dan model pembelajaran di kelas menyebabkan siswa merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) apakah terdapat pengaruh pengunaan metode Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 1 Muaro Jambi?, (2) apakah terdapat pengaruh pengunaan model Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 1 Muaro Jambi?, (3) apakah terdapat perbedaan pengenaan metode Talking Stick Dan Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 1 Muaro Jambi?, Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPS 1 dan X IPS 2 dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakakan metode observasi dan tes (pretest-posttest). Teknik analissi data yang digunakan adalah uji hipoteisis regresi linear sederhana dan uji chi square yang sebelumnya diuji prasyarat, yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil uji pengaruh pengunaan Talking Stick terhadap hasil belajar diperoleh nilai thitung 3,909 > ttabel 2,045 yang berarti diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengunaan metode Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. (2) ) hasil uji pengaruh pengunaan Example Non Example terhadap hasil belajar diperoleh nilai thitung 2,783 > ttabel 2,045 yang berarti diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengunaan Example Non Example berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. (3) hasil uji perbedaan pengunaan metode Talking Stick dan Example Non Example terhadap hasil belajar siswa, diperoleh nilai Asymp.Sig> 0,05 = 0,538 > 0,05 maka hipotesis ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pengunaan metode pembelajaran Talking Stick dan Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri1 Muaro Jambi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika metode Talking Stick dan Example Non Example digunakan dalam pembelajaran, maka hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Muaro Jambi meningkat.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DWI OKTAPIONI |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 03:13 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 03:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |