NURHOLIZA, NURHOLIZA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 34 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2018/2019. JURNAL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 34 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2018/2019.
![]() |
Text
COVER.docx Download (48kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (16kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (18kB) |
![]() |
Text
BAB I.doc Download (41kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurholiza. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Menulis Teks Deskripsi Oleh Siswa Kelas VII B SMP Negeri 34 Muaro Jambi.Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Albertus Sinaga, M.Pd., Pembimbing (II) Drs. Andiopenta Purba, M.Hum., M.Div Kata kunci: Penerapan Picture and Picture, menulis teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran picture and picture dalam menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII B SMP Negeri 34 Muaro Jambi berdasarkan langkah-langkah yang ada dalam model pembelajaran yang digunakan guru yaitu model pembelajaran picture and picture. Dalam proses pembelajaran guru telah menerapkan model pembelajaran picture and picture sebagai model pembelajarannya. Peneliti menggunakan penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII B SMP Negeri 34 Muaro Jambi. Keberhasilan penerapan model pembelajaran picture and picture dalam menulis teks deskripsi diolah dengan mendeskripsikan hasil observasi, qusioner dan dokumentasi. Data berupa hasil penerapan guru yang bersumber dari RPP. Menggunakan istrumen penelitian Observasi, Quisoner dan Dokumentasi. Teknik analisis data yakni teknik analisa data model alur, pengecekan keabsahan data menggunakan pendapat pihak ketiga yakni dosen pembimbing. Guru menerapkan tahapan yang ada dalam RPP. Hasil dari penelitian ini pada penerapan model pembelajaran picture and picture dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VIIB SMP Negeri 34 Muaro Jambi yang berdasarkan pada tahap persiapan, presentasi/penyampaian pembelajaran, guru mendapatkan kategori baik. RPP yang dibuat oleh guru bahasa Indonesia sesuai, tetapi ada juga yang tidak terlaksanakan saat Penerapan model pembelajran picture and picture dalam menulis teks deskripsi siswa Kelas VIIB SMP Negeri34 Muaro Jambi. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa guru berhasil menerapkan model pembelajaran picture and picture dalam menulis teks deskripsi. Saran bagi guru bahasa Indonesia untuk menggunakan model pembelajaran dalam proses pelajar dan mengajar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NURHOLIZA |
Date Deposited: | 18 Dec 2019 08:05 |
Last Modified: | 18 Dec 2019 08:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |