LESDINIATI, LESDINIATI (2019) KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL SISWA KELAS VII SMP N 30 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2019/2020. JURNAL KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL SISWA KELAS VII SMP N 30 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2019/2020.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (14kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (134kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (20kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (161kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
Abstract
ABSTRAK Lesdiniati. 2019. Kemampuan Menulis Teks Narasi Dengan Menggunakan Media Visual Siswa Kelas VII SMP N 30 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Larlen, M.Pd, (II) Drs. Albertus Sinaga, M.Pd. Kata Kunci : kemampuan, menulis teks narasi, media visual Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP N 30 Muaro Jambi dengan menggunakan media visual. Hal ini dikarenakan kemampuan menulis teks narasi siswa dan penggunaan media visual dalam pembelajaran di SMP Negeri 30 Muaro Jambi belum terlaksana dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII A dan VII B SMP N 30 Muaro Jambi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A dan VII B di SMP N 30 Muaro Jambi, sedangkan sampel penelitian dengan menggunakan teknik total sampling sehingga siswa kelas VII A yang berjumlah 25 siswa dan kelas VII B yang berjumlah 29 siswa. Data dan sumber data dalam penelitian ialah hasil tulisan teks narasi siswa kelas VII A dan kelas VII B SMP N 30 Muaro Jambi sebagai subyek yang diteliti. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan rumus rata-rata dan indeks penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks narasi siswa di kelas menggunakan media visual memiliki indeks penilaian sebesar 74 dan berada pada kategori cukup mampu. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks narasi siswa dengan menggunakan media visual berada pada kategori cukup mampu. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menggunakan media visual dalam pembelajaran menulis teks narasi. Selain itu, penggunaan media visual dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks narasi masih perlu dikembangkan sehingga siswa dapat mencapai hasil yang optimal
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Lesdiniati |
Date Deposited: | 23 Dec 2019 06:37 |
Last Modified: | 23 Dec 2019 06:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10042 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |