DESTILIA, DESTILIA (2019) MENINGKATKAN KEBERANIAN DAN KERJASAMA DALAM BERMAIN DRAMA DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS VIII SMPNEGERI 30 KABUPATEN MUARO JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN KEBERANIAN DAN KERJASAMA DALAM BERMAIN DRAMA DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS VIII SMPNEGERI 30 KABUPATEN MUARO JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (11kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (143kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.docx Download (18kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.docx Download (21kB) |
Abstract
ABSTRAK Destilia. 2019. Meningkatkan Keberanian dan Kerja sama dalam Bermain Drama dengan Metode Bermian Peran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Kabupaten Muaro Jambi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Yusra Dewi, M.Pd, (II) Dra. Rasdawita, M.M. Kata Kunci : Keberanian dan Kerja sama Bermain Drama, Metode Bermain Peran Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan keberanian dan kerja sama dalam bermain drama dengan metode bermian peran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Kabupaten Muaro Jambi. Salah satu permasalahan yang terjadi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 30 Kabupaten Muaro Jambi adalah kemampuan siswa untuk bermain drama masih kurang optimal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas beberapa tindakan seperti perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 30 Muaro Jambi yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, survey langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil penilaian mengenai kerja sama dan keberanian siswa dalam bermain drama di siklus I sebesar 69 sedangkan rata-rata hasil penilaian mengenai kerja sama dan keberanian siswa dalam bermain drama di siklus II sebesar 77,17. Hal ini menunjukkan bahwa keberanian dan kerja sama dalam bermain drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Kabupaten Muaro Jambi dapat ditingkatkan dengan metode bermian peran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan keberanian dan kerja sama dalam bermain drama siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Saran dalam penelitian ini adalah metode bermain peran dapat digunakan secara terus menerus dan berkelanjutan, mengingat keberanian dan kerja sama siswa dalam bermain drama dapat ditingkatkan serta perlu dikembangkan dan didukung dengan penyediaan berbagai sarana yang dapat mendukung pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DESTILIA |
Date Deposited: | 23 Dec 2019 06:36 |
Last Modified: | 23 Dec 2019 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |