ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMA BERGAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Priatma Pakpahan, Eygu (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMA BERGAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA Bergaya Belajar Visual Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. (Submitted)

[img] Text
Cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I FIX.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB V FIX.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan belajar siswa SMA bergaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Kerinci dikelas XI IPA 2 tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa yang bergaya belajar visual yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Intrumen pada penelitian berupa tes menyelesikan soal cerita dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh subjek bergaya belajar visual mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita pada sistem persamaan linear dua variabel. Kesulitan subjek dalam menyelesaikan soal cerita terlihat pada aktivitas subjek dalam menyelesaikan soal cerita yang dijelaskan dalam indikator kesulitan menyelesaikan soal cerita. Pada indikator pertama ketidakmampuan memahami konsep dengan benar 3 subjek(SVs.1, SVs.3, dan SVs.4) bergaya belajar visual kurang mampu mengungkapkan semua informasi yang terkandung dalam soal dan kurang mampu mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, pada indikator kedua ketidakmampuan menggunakan data 4 subjek (SVs.1, SVs.2, SVs.3, dan SVs.4) bergaya belajar visual mengalami kesulitan dalam mengaitkan informasi yang ada berupa kesalahan penggunaa data yang tidak diperlukan pada indikator ketiga ketidakmampuan mengartikan bahasa matematika 3 subjek(SVs.1, SVs.2, dan SVs.4) subjek bergaya belajar visual mengalami kesulitan pada saat menginterpretasi bahasa matematika berupa kesalahan dalam mengartikan soal, pada indikator ketidakmampuan melakukan opersi hitung 4 subjek (SVs.1, SVs.2, SVs.3, dan SVs.4) bergaya belajar visual mengalami kesulitan pada saat melakukan pengoperasian hitung berupa kesalahan melakukan operasi hitung dalam menyelesaikan soal cerita, pada indikator kelima ketidakmampuan menarik kesimpulan 3 subjek (SVs.1, SVs.3, dan SVs.4) bergaya belajar visual mengalami kesulitan pada saat menyimpulkan hasil diperoleh berupa kesalahan tidak menyimpulkan soal dengan benar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: EYGU PRIATMA PAKPAHAN
Date Deposited: 26 Dec 2019 01:13
Last Modified: 26 Dec 2019 01:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10081

Actions (login required)

View Item View Item