PERBEDAAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 22 KOTA JAMBI YANG MENGGUNAKAN MODEL PAIKEM DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Nurhadiyanto, Nurhadiyanto and Syafmen, Wardi and Sofnidar, Sofnidar (2019) PERBEDAAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 22 KOTA JAMBI YANG MENGGUNAKAN MODEL PAIKEM DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG. PERBEDAAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 22 KOTA JAMBI YANG MENGGUNAKAN MODEL PAIKEM DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (640kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhadiyanto. 2019. Perbedaan Minat Belajar Matematika siswa kelas VII SMP N 22 Kota Jambi yang menggunakan Model Paikem dan Model Pembelajaran Langsung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Wardi Syafmen, M.Si. (II) Dra.Sofnidar, M.Si. Kata Kunci : Minat belajar matematika, model Paikem, pendekatan Saintifik Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar matematika siswa dalam pembelajaran. Kebanyakan siswa masih tidak menyukai pelajaran matematika. Dengan menerapkan Model Paikem berbasis pendekatan saintifik dapat membuat pelajaran matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dapat terlibat secara aktif dalam melasanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar matematika siswa yang menggunakan model Paikem berbasis pendekatan saintifik dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMP N 22 Kota Jambi di kelas VII pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang diteliti sebanyak 58 siswa yang terdiri dari 27 siswa kelas eksperimen, dan 29 siswa kelas kontrol. Instrument berbentuk angket minat belajar Matematika sebanyak 50 butir pernyataan. Instrument diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas diuji dengan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas diuji dengan rumus alpha di dapat α = 0,937 dengan n= 28 pada tingkat kesahihan 95% maka dinyatakan soal tersebut reliabel. Uji hipotesis menggunakan uji t, dari hasil pengolahan data diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 3,1904>1,6736 sehingga H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa kelas sampel memiliki perbedaan yang signifikan. Dengan rata-rata minat belajar matematika dan simpangan baku masing-masing kelas, yaitu kelas eksperimen adalah 125,37 dan 15,68 dengan rata rata ketertarikan 85,75. Rata –rata perhatian 84,35. Rata-rata perasaan senang 91,60 dan rata-rata keterlibatan 83,07. sedangkan kelas kontrol adalah 112 dan 15,19 dengan rata rata ketertarikan 80,50. Rata –rata perhatian 83,60. Rata-rata perasaan senang 88,30 dan rata-rata keterlibatan 76,50. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model paikem memiliki perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar matematika siswa terutama pada indikator ketertarikan, perasaan senang dan keterlibatan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NURHADIYANTO
Date Deposited: 26 Dec 2019 04:13
Last Modified: 26 Dec 2019 04:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10096

Actions (login required)

View Item View Item