Rinto Simanjuntak, - (2019) Hubungan Komunikasi verbal dan Manajemen Kelas dengan Motivasi Belajar Peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Hubungan Komunikasi verbal dan Manajemen Kelas dengan Motivasi Belajar Peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Jambi.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI RINTO NOVEMBER.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN Rinto nov.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
RINTO BAB SATU.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
RINTO BAB LIMA.pdf Download (118kB) |
Abstract
ABSTRAK Rinto. Simanjuntak. 2019. Hubungan Komunikasi Verbal dan Manajemen Kelas yang dilakukan oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas xi di DMK Negeri 1 Kota Jambi. Pembimbig (1) Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Si. Pembimbing (2) Dr. Drs. Firman, M.Si. Kata Kunci: Komunikasi Verbal, Manajemen Kelas, Motivasi Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat hubungan komunikasi verbal dan manajemen kelas yang dilakukan oleh guru dengan motivasi belajar peserta didik di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kota Jambi pada Juli 2019, dengan jumlah sampel 75 responden. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada peserta didik. Setelah angket diisi oleh peserta didik dan dikembalikan kepada peneliti, teknik anlisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara komunikasi verbal dengan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Jambi sebesar 0,632 dengan nilai signifikansi 0.000 sehingga rhitung ≥ rtabel atau 0,632 ≥ 0,224 maka dapat dikatakan signifikan. Karena rhitung ≥ rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat hubungan komunikasi verbal dengan motivasi belajar. (2) Terdapat hubungan antara penerapan manajemen kelas dengan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Jambi sebesar 0,741 dengan nilai signifikansi 0.000 sehingga rhitung ≥ rtabel atau 0,741 ≥ 0,224 maka dapat dikatakan signifikan. rhitung ≥ rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat hubungan antara komunikasi verbal dan penerapan manajemen kelas terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 0,741, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baiknya hubungan komunikasi verbal dan manajemen kelas, maka semakin tinggi pula motivasi belajar peserta didik. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru meningkatkan lagi keterampilannya dalam komunikasi verbal dan manajemen kelas guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | RINTO SIMANJUNTAK |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 06:50 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 07:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |