FADIAH, FADIAH (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA JAUHARUL FALAH AL-ISLAMY KUMPEH ULU KABUPATEN MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA JAUHARUL FALAH AL-ISLAMY KUMPEH ULU KABUPATEN MUARO JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
Abstract
ABSTRAK Fadiah. 2019. “Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Teknik Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Jauharul Falah Al-Islamy Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr.Drs. H. Khairinal, Dpt. BA. M.Si. Pembimbing II Fahruddiansyah Muslim, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Model Cooperative Learning Teknik Numbered Head Together, Hasil Belajar Siswa Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis melakukan observasi dengan guru kelas X SMA Jauharul Falah Al-Islamy kumpeh ulu kabupaten muaro jambi, diketahui bahwa prestasi belajar siswa rendah pada mata pelajaran Ekonomi. Guru menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada setiap mata pelajaran untuk menjadi acuan dan standar nilai dalam penetapan tingkat ketuntasan belajar siswa. Adapun KKM yang ditetapkan guru pada mata pelajaran Ekonomi yaitu 65, di mana dengan KKM tersebut siswa dinyatakan tuntas dalam belajar apabila siswa dapat mencapai nilai 65 atau lebih.Rendahnya prestasi belajar Ekonomi desebabkan guru yang masih menggunakan metode konvesional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning teknik numbered head together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Jauharul Falah Al-Islamy Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif, Pada penelitian ini eksperimen yang di gunakan yaitu One group Preetes - posttes design. Sehubungan dengan penelitian ini, akan diungkap mengenai pengaruh penggunaan model cooperative learning teknik numbered head together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Jauharul Falah Al-Islamy Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, untuk data kelompok pree test di dapat L hitung 0,1575 yang < dari L tabel 0.1591. Untuk data kelompok post test di dapat L hitung 0.0735 yang < L tabel 0.1591. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal. taraf signifikansi α = 0,05 maka diperoleh F tabel = 3.32. Maka Fhitung (1.54) < Ftabel (3.32) maka varian homogen, bahwa thitung > ttabel yaitu 8.699903 > 1,6706. t tabel didapat dari n1+n2 -2 = 60 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 1,6706. Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan penggunaan model cooperative learning teknik numbered head together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Jauharul Falah Al-Islamy Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model cooperative learning teknik numbered head together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Jauharul Falah Al-Islamy Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FADIAH |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 02:37 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 02:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |