ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMAN 7 KOTA JAMBI

PATIMAH, PATIMAH (2019) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMAN 7 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMAN 7 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (156kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Patimah. 2018. Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning (PBL) dan Pengaruhnya terhadap Sikap Sains Siswa Pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA Negeri 7 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I): Drs. Abu Bakar, M.Pd dan Pembimbing (II): Aulia Sanova, ST, M.Pd Kata kunci: Problem Based Learning, Sikap Sains Siswa dan Sistem Koloid Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya sikap sains siswa adalah model pembelajaran yang digunakan guru belum memunculkan sikap sains secara maksimal. Penggunaan model PBL bisa jadi salah satu alternatif untuk meningkatkan sikap sains siswa, karena model PBL melibatkan peserta didik pada situasi masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model Problem Based Learning dan pengaruhnya terhadap sikap sains siswa pada materi Sistem Koloid kelas XI MIA SMAN 7 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah mix method dengan mendahulukan data kualitatif dan dilanjutkan dengan data kuanlitatif. Sampel diambil secara Cluster Random Sampling dari 3 kelas dipilih secara acak dan didapatkan satu kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan model dan lembar observasi sikap sains siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu teknik analisis data kualitatif menggunakan miles and Huberman yang diperoleh dari keterlaksanaan model oleh guru, dan teknik analisis data kuntitatif menggunakan korelasi Product Moment. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) oleh siswa sebesar 69,47% dikategorikan baik, dan persentase sikap sains siswa sebesar 78,89% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model Problem Based Learning (PBL) dengan kemampuan sikap sains diperoleh rx = 0,41057 dengan tingkat hubungan sedang. Persentase sikap sains siswa mengalami peningkatan pada tiap pertemuan. Pada pertemuan pertama sebesar 64,30%, mengalami peningkatan menjadi 84,66% pada pertemuan kedua, dan pertemuan ketiga meningkat menjadi 87,73%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterlaksanaan model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap sikap sains siswa pada materi Sistem Koloid di SMA Negeri 7 Kota Jambi dengan katagori baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: PATIMAH
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:35
Last Modified: 09 Jan 2020 07:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10164

Actions (login required)

View Item View Item