NOPITA SARI, WIKE (2019) PERBANDINGAN ANTARA METODE QUESTION STUDENT HAVE DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI KELAS X IPA SMAN 9 KERINCI. JURNAL PERBANDINGAN ANTARA METODE QUESTION STUDENT HAVE DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI KELAS X IPA SMAN 9 KERINCI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (27kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (23kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (155kB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Wike Nopita. 2019. Perbandingan Antara Metode Quension Student have dan Discopery learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X IPA SMA Negeri 9 Kerinci: Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof.Dr. Drs. H. Ekawarna, M.Psi (II) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Quension Student have dan Discopery learning Terhadap Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengunaan metode pembelajaran yang kurang optimal yang menyebabkan siswa merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siiswa yang rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Apakah terdapat penerapan metode Quenstion Student have terhadap hasil belajar?, (2) Apakah terdapat penerapan metode Discopery learning terhadap hasil beajar?, (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar penerapan metode Quenstion Student have dengan Discovery learning?. Pendekatan penelitian yang di gunakan adalah Kuantitatif dengan jenis penelitian ekperimen. Subjek penelitian adalah kelas X IPA I dan X IPA II dengan jumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode abservasi dan tes (Pretest-postterst). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Hipotesis Regresi Linier sederhana dan Chi Square yang sebelum diuji prasyarat, yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) hasil uji penggunaan Quension Student have terhadap hasil belajar di peroleh nilai t_(hitung )4,693 > t_tabel2,093 yang berati Hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Quenstion Student have berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPA II di SMA Negeri 9 Kerinci. (2) hasil uji penggunaan Discovery Learning terhadap hasil belajar di peroleh nilai t_(hitung )2,380 > t_tabel2,093 yang berati Hipotesis diterima, sehingga dapat di simpulkan bahwa penggunaan metode Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPA I di SMA Negeri 9 Kerinci.(3) hasil uji perbedaan penggunaan metode Quension Student have dan Discopery learning terhadap hasil belajar siswa, di peroleh nilai Asymp.Sig > 0,05 = 0,187 > 0,05 maka hipotesis di tolak artinya terdapat perbedaan yang singnifikan antara pengunaan metode pembelajaran Quension Student have dan Discopery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X IPA di SMA Negeri 9 Kerinci. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika metode Quension Student have dan Discopery learning digunakan dalam pembelajaran maka hasil belajar siswa kelas X IPA di SMA Negeri 9 Kerinci meningkat.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | WIKE NOPITA SARI |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 02:43 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 02:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |