MAIZA DIANTI, TIARA (2020) PENGARUHPLAY THERAPYMELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUHPLAY THERAPYMELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (153kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (68kB) |
Abstract
ABSTRAK Dianti, Tiara Maiza. 2020. Pengaruh Play Therapy Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Skripsi.PembimbingIDrs. Asradi, M.M, Pembimbing II Affan Yusra, S.Pd,. M.Pd Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang meyangkut hubungan orang perorangan dengan sekelompok manusia. Kehidupan remaja sering ditandai dengan adanya berbagai masalah dalam pola interaksinya.Media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial bagi remaja awal usia 11-13 tahun yaitu permainan yang akan digunakan untuk berinteraksi dengan lingkungan. Karena bermain bukan hanya sesuatu aktifitas yang menyenangkan, namun terkandung nilai terapeutik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gambaran interaksi sosial siswa yang asosiatif (kerjasama, akomodasi, asimilasi) dan disosiatif (persaingan) sebelum diberikan perlakuan (2) Mengetahui gambaran interaksi sosial siswa setelah diberikan perlakuan (3) Mengetahui pengaruh play therapy melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pre-experimental design, adapun desain pre-experimental One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian sebanyak 10 siswa yang ditentukan menggunakan teknik penarikan sampel dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) yakni bernilai 0,005 < 0,05 maka disimpulkan bahwa Ho ditolak danHa diterima, yang berarti play therapy melalui layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap interaksi sosial siswa yang asosiatif (kerjasama, akomodasi, asimilasi) dan disosiatif (persaingan). Disarankan bagi guru khususnya guru bimbingan dan konseling untuk mengoptimalkan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik play therapy sebagai sarana untuk membantu siswa khususnya dalam meningkatkan interaksi sosial. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok; Play Therapy; Interaksi Sosial
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | TIARA MAIZA DIANTI |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 02:03 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 02:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |