UTAMA, TRYSNA INDAH PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI.
|
Text
ARTIKEL-A1A112019.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL-A1A112019.pdf Download (591kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Indah, Trysna. 2017. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi. Skripsi. PIPS FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing I Prof. Dr. H. Rahmat Murboyono, M.Pd., Pembimbing II Drs. H. Arpizal, M.Pd. Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku, dan penguasaan dari seseorang yang telah dicapainya melalui proses belajar. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi belum mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan. Salah satu faktor penyebabnya adalah perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa dalam mendapatkan ilmu melalui proses belajar dan mengajar masih kurang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar, (2) Apakah terdapat pengaruh motivasi belajar siswa pada hasil belajar, (3) Apakah terdapat pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah ex post facto yaitu meneliti peristiwa yang telah terjadi dan mengetahui faktor penyebabnya. Responden dalam penelitian ini berjumlah 74 orang. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket dan dokumentasi guru bidang studi IPS yakni nilai ulangan tengah semester untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari jawaban hipotesis pertama, pengaruh Perhatian Orang Tua (X1) terhadap Hasil Belajar (Y), Variabel X1 mempunyai thitung yakni 3,370 dengan ttabel 1,993. Jadi thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa variabel X1 memiliki kontribusi terhadap Y, sedangkan jawaban hipotesis kedua, pengaruh Motivasi Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar (Y), Variabel X2 mempunyai thitung yakni 3,162 dengan ttabel 1,993. Jadi thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa variabel X2 memiliki kontribusi terhadap Y, selanjutnya untuk menjawab hipotesis ketiga, dilakukan pengujian secara bersama-sama yakni pengaruh Perhatian Orang Tua (X1) dan Motivasi Belajar (X2) terhadap Hasil belajar (Y) terdapat pengaruh yang signifikan dengan nilai (Fhitung = 52,155 > Ftabel = 3,13). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi. Saran yang dapat disampaikan antara lain: dari hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan, gambaran, serta informasi, yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | TRYSNA INDAH UTAMA |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 08:18 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 08:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |