EFEKTIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN METODEPERMAINAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN 110/1 DESA TENAM KABUPATEN BATANGHARI

WATI, RATNA EFEKTIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN METODEPERMAINAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN 110/1 DESA TENAM KABUPATEN BATANGHARI. Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Krogowan, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014.

[img]
Preview
Text
A1D112077-ARTIKEL.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ratnawati. 2017. “Efektivitas Guru Dalam Menggunakan Metode Permainan Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 110/1 Desa Tenam Kabupaten Batanghari”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu pendidikan , FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si (2) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Efektivitas Guru, Metode Permainan, Pembelajaran IPA Efektivitas guru adalah kemampuan guru dalam mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Efektivitas guru merupakan keberhasilan pendidikan bagi siswanya, Karena guru yang efektif bisa menunjang keberhasilan tingkat belajarnya peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mempengaruhi efektivitas guru dalam menggunakan metode permainan pada mata pelajaran IPA kelas III SDN 110/1 Desa Tenam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di SDN 110/1 Desa Tenam, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari yang dilaksanakan selama satu bulan lamanya. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan penelaah observasi rencana pelaksanaan pembelajaran, penelaah guru dalam pelaksanaan pembelajaran, dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas guru sudah efektif dalam menggunakan metode permainan pada mata pelajaran IPA dikelas III SDN 110/1 Desa Tenam. Serta keterlaksanaan pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 110/1 Desa Tenam pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran metode permainan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas guru dalam menggunakan metode permainan pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 110/1 Desa Tenam dalam pelaksanaan pembelajaran sudah terlaksana. Adapun saran yang dapat diajukan yaitu guru sebaiknya lebih aktif dan kreatif lagi dalam membuat metode permainan dalam pembelajaran agar dapat mendukung proses belajar mengajar, harus lebih paham lagi dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RATNAWATI
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:16
Last Modified: 17 Jul 2017 07:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1246

Actions (login required)

View Item View Item