Fitriana, Anna (2019) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
8. BAB 1.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (258kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar IPS dengan model pembelajaran Snowball Throwing dibandingkan model pembelajaran talking stick pada kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi, 2) hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing akan lebih baik jika dibandingkan Talking Stick pada kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Kota Jambi pada bulan Maret-April 2019. Jenis penelitian yaitu Experimental Semu (Quasi Experimental Design) dengan desain penelitian pretest-posttes group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik Purposive Sampling, kelas eksperimen 1 adalah kelas VII B sebanyak 30 siswa, kelas eksperimen 2 adalah kelas VII C sebanyak 30 siswa dan kelas control adalah kelas VII D sebanyak 30 siswa. Kelompok eksperimen 1 yang diajar dengan model pembelajaran Snowball Throwing, kelompok eksperimen 2 yang diajar dengan model pembelajaran Talking Stick, dan kelas kontrol yang diajar dengan model konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji T. Dan untuk uji perbedaan model snowball throwing, talking stick dan konvensional digunakan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing adalah 80,37. Kemudian rata-rata hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick adalah 74,03. Dan yang rata-rata hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 59,47. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik dibandingkan model pembelajaran talking stick dan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan uji Anova dapat diketahui bahwa hasil dari nilai signifikansi adalah 0,000. Nilai tersebut kurang dari 0,05 atau dengan kata lain (0,000 < 0,05). Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing, model pembelajaran talking stick, dan model pembelajaran konvensional.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ANNA FITRIANA |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 02:03 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 02:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |