Deskripsi Konsepsi Alternatif Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Muaro Jambi Pada Materi Fluida Statis

Sari, Novi Riyanita (2019) Deskripsi Konsepsi Alternatif Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Muaro Jambi Pada Materi Fluida Statis. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
0. COVER (terbaru).pdf

Download (12kB)
[img] Text
3. Pengesahan Scan.pdf

Download (156kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI 2020.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I (Fix).pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB V (Fix).pdf

Download (93kB)

Abstract

Last Status Change Abstract 23 Januari 2019 Publication Under Review UNSPECIFIED 20 Oct 2020 01:07 ABSTRAK Sari, Novi Riyanita. 2019. Deskripsi Konsepsi Alternatif Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Muaro Jambi Pada Materi Fluida Statis: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maison, M.Si., Ph.D., (II) Dr. Rendy Wikrama Wardana, S.Pd., M. Pd., Kata kunci: Deskripsi, Konsepsi Alternatif, Fluida Statis. Penelitian ini dilator belakangi oleh beberapa hasil penelitian yang mengemukakan bahawa pada materi fluida statis masih banyak siswa yang mengalami konsepsi yang salah. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk konsepsi alternatif siswa pada materi fluida statis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Muaro Jambi pada Desember 2018. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Fokus penelitian ini adalah konsepsi alternatif berupa konsepsi pra-intruksional. Pada tahap awal, untuk mengetahui konsepsi alternatif pada siswa dilakukan tes tertulis berupa soal essay. Untuk mengetahui lebih mendalam, maka dilakukan wawancara berdasarkan hasil tes. Hasil analisis jawaban tes tertulis mendidentifikasikan adanya konsepsi alternatif siswa, sehingga perlu dilakukan wawancara lebih lanjut terhadap siswa. Penentuan responden yang diwawancarai didasarkan sampel yang mempunyai pola konsepsi alternatif yang dominan. Berdasarkan hasil analisis kualitatif terhadap jawaban siswa saat tes tertulis maupun wawancara didapat kesimpulan: (1) dalam pemikiran siswa terdapat konsepsi alternatif pada materi fluida statis; (2) konsepsi alternatif yang yang terjadi pada siswa disebabkan oleh intuisi kehidupan sehari-hari, dan pemahaman kurang mendalam. View Item

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: NOVI RIYANITA SARI
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:48
Last Modified: 20 Oct 2020 02:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14432

Actions (login required)

View Item View Item