Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Bercerita dengan Media Sequencing Pictures di RA Al- Annur Permata Kota Jambi

Saraswati, Uli (2020) Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Bercerita dengan Media Sequencing Pictures di RA Al- Annur Permata Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh penulis pada anak usia 4-5 tahun di kelas A RA Al-Annur Permata Kota Jambi, dalam observasi tersebut penulis melihat keterampilan berbicara anak belum optimal dan belum mencapai indikator keberhasilan sesuai tahapan usianya, seperti anak masih terlihat kesulitan mengungkapkan apa yang dibutuhkan dalam kalimat sederhana, anak terlihat ragu dan kebingungan ketika menceritakan kejadian disekitarnya dan masih ada anak yang belum memiliki kelancaran dalam pengucapan artikulasi secara jelas dan baik ketika berbicara. Berdasarkan latarbelakang penelitian diatas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui penerapan metode bercerita dengan media sequencing pictures dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di RA Al-Annur Permata Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berbicara anak sebelum diberikan tindakan melalui metode bercerita dengan media sequencing pictures, mengetahui keterampilan berbicara anak sesudah diberikan tindakan melalui metode bercerita dengan media sequencing pictures, dan mengetahui hasil peningkatan keterampilan berbicara anak melalui metode bercerita dengan media sequencing pictures. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 anak pada kelas B 2 di RA Al-Annur Permata Kota Jambi. Hipotesis tindakan yaitu melalui penerapan metode bercerita dengan media sequencing pictures dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di RA Al-Annur Permata Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian ini melalui lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pembahasan, keterampilan berbicara anak sebelum adanya tindakan masih belum berkembangan dengan baik dengan nilai 26 dalam kategori tidak terampil. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I dengan metode bercerita secara klasikal dengan bantuan media sequencing pictures memberikan hasil nilai rata-rata pertemuan I 54,3, pertemuan II 58,8, pertemuan III 61,4 dan pertemuan IV 64,2. Penelitian dilanjutkan pada siklus II dikarenakan peningkatan keterampilan berbicara anak yang terjadi belum mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan. Pada siklus II dilakukan penelitian dengan metode bercerita pada beberapa kelompok kecil dengan bantuan media sequencing pictures dan penggunaan media pendukung berupa video pembelajaran dan reward pada anak sehingga hasil nilai rata-rata pertemuan I 82,5, Pertemuan II 83,8, pertemuan III 86,7 dan pertemuan IV 88,2 yang tergolong sangat terampil dan melampaui batas ketuntasan yaitu 81. Kesimpulan hasil penelitian ini dengan menerapkan metode bercerita di dalam beberapa kelompok kecil menggunakan media sequencing pictures dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di RA Al-Annur Permata Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Uli Saraswati
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:50
Last Modified: 27 Oct 2020 03:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14602

Actions (login required)

View Item View Item