PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI DI SMA KELAS XI

ZUMBRATAL, ZUMBRATAL PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI DI SMA KELAS XI. EduFisika. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ZUMBRATAL.pdf

Download (821kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berorientasi Problem Based Learning pada materi keseimbangan dan dinamika rotasi serta untuk mengetahui persepsi siswa terhadap LKPD tersebut. Metode penelitian ini adalah Research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang menggunakan empat tahapan yaitu analyze, design, development, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi materi dan desain serta angket persepsi peserta didik. Teknik analisis data yang berupa saran dari validator dilakukan secara deskriptif kualitatif. Sedangkan persentase validasi dan angket persepsi peserta didik dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik berorientasi problem based learning (PBL). Spesifikasi yang terdapat di LKPD berorientasi problem based learning (PBL) yaitu judul, petunjuk belajar, KD dan indikator, informasi pendukung, langkah-langkah kegiatan sesuai dengan pada problem based learning (PBL) (Permasalahan, Hipotesis, Penyelidikan, Membuat Laporan dan Menyajikan Karya, Analisis dan Evaluasi). LKPD ini telah divalidasi oleh validator dan dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil uji persepsi peserta didik terhadap LKPD ini sebesar 82.14% dengan kategori baik. Keunggulan dari LKPD ini yaitu dapat digunakan kapan dan dimana saja karena tidak membutuhkan alat tambahan sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri. Adapun kekurangan LKPD ini yaitu model pembelajaran yang digunakan terbatas. Jika guru atau peserta didik ingin menggunakan model pembelajaran yang lain maka LKPD ini tidak dapat digunakan. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berorientasi problem based learning pada materi keseimbangan dan dinamika rotasi di SMA kelas XI valid dan layak digunakan.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: ZUMBRATAL
Date Deposited: 24 Jul 2017 01:17
Last Modified: 24 Jul 2017 01:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1513

Actions (login required)

View Item View Item