PENERAPAN LITERASI MEMBACA DI SEKOLAH DASAR

Efendi, Rendi Nur and maryono, maryono (2020) PENERAPAN LITERASI MEMBACA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (487kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

Efendi, Rendi Nur. 2020. Penerapan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Drs. Maryono, M.Pd, (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Literasi, Literasi Membaca, Sekolah Dasar penerapan literasi membaca perlu di evaluasi lebih lanjut. Perlu program-program kegiatan yang mumpuni, kerja sama antar warga sekolah, dan meminimalisir hambatan dalam kegiatan literasi membaca. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan review hasil publikasi mengenai penerapan literasi membaca di Sekolah Dasar. Peneltian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat studi pustaka (Library Research) yaitu penelitian yang mengkaji jurnal-jurnal penelitian dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan penerapan literasi membaca di Sekolah Dasar yang ada di artikel jurnal. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil-hasil penelitian pada penerapan literasi membaca sekolah dasar di Indonesia yang telah dipublikasikan pada berbagai jurnal online yang terindeks google scholar. Jumlah jurnal-jurnal yang diperleh yaitu sebanyak 7 jurnal penelitian yang telah diseleksi sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini yaitu dari 7 buah jurnal yang diteliti berupa penelitian kualitatif dan pengembangan dari tahun 2017 hingga 2020 dapat disimpulkan : penerapan literasi membaca di sekolah dasar yakni siswa memilih buku bacaan , siswa membaca buku bacaan dan menceritakan kembali bacaannya. Untuk siswa kelas rendah lebih diperkenankan kepada pembiasaan membaca sedangkan untuk kelas tinggi melaksanakan pengembangan membaca. Guru dapat melakukan kegiatan literasi dengan berbagai metode kegiatan yang mendukung. Penerapan literasi membaca akan terlaksana dengan baik apabila memiliki kesiapan program yang tertata, memiliki sarana dan prasarana yang baik, dan memiliki sumber daya dukung dari sekolah, orang tua, dan masyarakat. Program-program literasi umumnya meliputi 1) membaca 15 menit sebelum pembelajaran, 2) memiliki area baca dan sudut baca, dan 3)memiliki tempat untuk hasil karya siswa mengenai literasi membaca seperti mading kelas. Faktor yang mendukung terlaksananya literasi membaca yakni: memiliki dana yang mencukupi, memiliki bahan bacaan yang lengkap dan bervariasi, memiliki sumber daya dukung yang baik. Penerapan literasi membaca akan memiliki pengaruh dalam membentuk nilai dan karakter peserta didik berupa gemar membaca, memiliki rasa ingin tahu, peduli dan bertanggung jawab.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: EFENDI
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:09
Last Modified: 03 Dec 2020 02:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15152

Actions (login required)

View Item View Item