PEMANFAATAN YOUTUBE PADA SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IIC SEKOLAH DASAR

Setiawan, Tri Yudha and Arsil, Arsil and Noviyanti, Silvina (2021) PEMANFAATAN YOUTUBE PADA SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IIC SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER REPOS.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (10kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL YUDHA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (666kB)

Abstract

Banyak media yang dapat digunakan dalam pembelajaran dalam jaringan, salah satunya adalah Youtube. Youtube merupakan tempat berbagi video yang menggunakan akses jaringan. Pemanfaatan media Youtube pada pembelajaran dalam jaringan diharapkan peserta didik akan berminat dan memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Youtube pada sistem pembelajaran dalam jaringan masa pandemi COVID-19 di kelas IIC sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan jenis deskriptif dengan subjek penelitian guru kelas IIC. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, memilah data, display data dan selanjutnya adalah penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berisi deskripsi tentang hasil observasi dan wawancara guru mengenai fitur-fitur yang dimanfaatkan dalam Youtube. Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam memanfaatkan Youtube serta dampak ketika memanfaatkan Youtube pada pembelajaran dalam jaringan, dan kendala serta solusi dalam memanfaatkan Youtube. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IIC SD Negeri 02/IV Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukan bahwa fitur-fitur yang digunakan guru yaitu deskripsi video, penyesuaian Thumbnail, playlist, jadwal, Share Link, dan layar akhir. Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam memanfaatkan Youtube pada pembelajaran dalam jaringan terdiri dari dua tahapan yaitu tahapan persiapan dan tahapan pelaksanaan. Kendala yang dihadapi saat memanfaatkan Youtube pada sistem pembelajaran dalam jaringan yaitu (1) Kuota internet (2) Tidak bisa berinteraksi secara online. Solusinya yaitu (1) Membuka tautan secara langsung tanpa berpindah ke Youtube (2) Menggunakan fitur komentar dan Live Streaming.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SETIAWAN
Date Deposited: 19 Jan 2021 02:16
Last Modified: 19 Jan 2021 02:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15949

Actions (login required)

View Item View Item