PENGARUH BIAYA PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS JAMBI 2019

Gustina, Gustina and Arpizal, Arpizal and Syuhada, Siti (2020) PENGARUH BIAYA PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS JAMBI 2019. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
Cover.pdf

Download (250kB)
[img] Text
SKRIPSI Gustina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ntiin.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

ABSTRAK Gustina, 2020. Pengaruh Biaya Pendidikan dan Motivasi Belajar Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi 2019, Pembimbing: (1) Dr. Arpizal, M.Pd,.(2) Dr. Siti Syuhada, S.Pd., M.E. Kata kunci: biaya pendidikan, motivasi belajar, keputusan mahasiswa memilih. Keputusan mahasiswa memilih adalah suatu tindakan yang diambil oleh mahasiswa dalam menentukan pilihan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Beberapa aspek dapat mempengaruhi dalam menentukan pengambilan keputusan yaitu biaya pendidikan dan motivasi belajar. Karena keputusan mahasiswa dalam menetukan pilihan masih rendah maka peneliti tertarik untuk meneliti biaya pendidikan dan motivasi belajar mahasiswa angkatan 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh biaya pendidikan terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi 2019. 2) pengaruh motivasi belajar terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi 2019. 3) pengaruh biaya pendidikan dan motivasi belajar terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi 2019. Penelitian ini merupakan penelitan asosiatif (hubungan) menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2019 FKIP Universitas Jambi. Pemilihan sampel dilakukan dengan dengan jumlah sampel sebanyak 82 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dengan bantuan goggle form. Analisis data yang digunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) biaya pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi Pendidikan Ekonomi, dengan nilai thitung 3,051 dan taraf signifikansi 0,003; (2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi Pendidikan Ekonomi dengan nilai thitung 6,042, dan taraf signifikansi 0,000; (3) biaya pendidikan dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi Pendidikan Ekonomi FKIP Univesritas Jambi Dengan nilai Ftabel sebesar 27,543 dan taraf signifikansi 0,000, dengan besar pengaruh 41,1 %, sedangkan sisanya 58,9 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kepada mahasiswa agar dapat menyelesaikan pendidikannya sampai selasai, karena orangtua akan mengusahakan semampu dan sebisanya sekalipun biaya pendidikan di perguruan tinggi mahal. Mahasiswa harus memiliki motivasi yang tinggi terutama kemauan dalam diri sendiri untuk tetap memberikan yang terbaik sesuai dengan keputusan yang diambil diawal untuk mencapai tujuannya menempuh pendidikan diperguruan tinggi sampai selesai.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: GUSTINA
Date Deposited: 19 Jan 2021 07:32
Last Modified: 19 Jan 2021 07:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15994

Actions (login required)

View Item View Item