PENGARUH KETERAMPILAN MENJAHIT POLA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK AL-MA’ ARIF SAROLANGUN

WATI, RATNA (2021) PENGARUH KETERAMPILAN MENJAHIT POLA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK AL-MA’ ARIF SAROLANGUN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (171kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

ABSTRAK Ratnawati. 2021. “Pengaruh keterampilan menjahit pola Terhadap kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Al-Ma’arif Sarolangun”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si, Pembimbing 2 Dra. Kasmiati, M.Pd Kata Kunci: keterampilan menjahit pola, kemampuan Motorik Halus Hasil observasi yang di lakukan di TK Al-Ma’arif Sarolangun masih terdapat anak kelompok B kemampuan motorik halus belum optimal, anak-anak kurang tertarik dengan apa yang diperintah guru. Karena metode yang digunakan guru belum menarik anak untuk mengikuti belajar, mereka sering bermain sendiri atau berbicara dengan temannya pada saat guru memberikan instruksi. Pada saat anak diajak untuk bermain dalam hal ini yang berhubungan dengan motorik halus, mereka hanya sekedar ikut-ikutan dan cenderung sesuka hatinya. Maka guru harus berperan aktif untuk membimbing anak dalam mengembangkan motorik halus agar anak dapat berkembang dan terstimulus, selain itu fasilitas belajar anak masih kurang anak hanya bermain saja dan kurang memiliki kelenturan bermain. Motorik halus ialah kemampuan anak untuk mengamati sesuatu, melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan otot-otot kecil, tetapi memerlukan koordinasi yang cermat” (Soetjiningsih dalam Christanti. 2015: 2). Menjahit adalah sesuatu pekerjaan mendekatkan atau menyambung dengan benang menggunakan tangan (Darmita, 2012: 460). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh keterampilan menjahit pola terhadap kemampuan motorik halus Anak Kelompok B di TK Al-Ma’arif Sarolangun?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh keterampilan menjahit pola terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Al-Ma’arif Sarolangun. Hipotesis penelitian terdapat pengaruh keterampilan menjahit pola terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Al-Ma’arif Sarolangun Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu 15 anak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 anak, Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampeling, alat pengumpulan data menggunakan angket, Teknik anaklisis data mengunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu untuk data pree test didapat L hitung sebesar 0,1056 yang< L tabel 0,2287. Untuk data post test di dapat L hitung 0.1468 yang < L tabel 0,2287. Untuk uji hipotesis dapat dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 10.0708> 1,7613 . T tabel didapat dari n -1 = 14 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 1,7613. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh keterampilan menjahit pola Terhadap kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Al-Ma’arif Sarolangun pada kategori kuat (strong effecd).

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si, Pembimbing 2 Dra. Kasmiati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: keterampilan menjahit pola, kemampuan Motorik Halus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: RATNA WATI
Date Deposited: 04 Mar 2021 06:36
Last Modified: 04 Mar 2021 06:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16604

Actions (login required)

View Item View Item