Winarni, Sri and Kumalasari, Ade and Junita, Ranisa (2017) PENGEMBANGAN LKS GEOMETRI MENGGUNAKAN TEORI VAN HIELE PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. In: SEMIRATA 2017 Bidang MIPA BKS PTN Wilayah Barat Universitas Jambi, 12 Mei 2017, Jambi.
![]() |
Text
PENGEMBANGAN LKS GEOMETRI MENGGUNAKAN TEORI VAN HIELE PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Lembar kerja geometri siswa selama ini dikembangkan berdasarkan kompetensi dan tujuan pembelajaran. Tingkat berpikir geometri belum menjadi fokus pengembangan bahan ajar di sekolah menengah. Sehingga dalam mengembangakan materi geometri siswa SMP belum disesuaikan dengan tingkat berpikir geometri siswa SMP. Tingkat berpikir geometri siswa dapat merujuk tingkat berpikir geometri Van Hiele. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kevalidan,kepraktisan dan keefektifan Lembar Kerja Siswa Geometri berdasarkan teori Van Hiele.Teori Van Hiele (1986) menggambarkan model pemikiran geometris dengan tiga atribut utama: keberadaan tingkatan, sifat dari level dan pergerakan dari satu level ke level berikutnya. Menurut teori, ada lima level pemahaman geometris yang diberi label sebagai Level 0: pengakuan (visualisasi), Level 1: analisis, Level 2: order (abstraksi), Level 3: deduksi dan Level 4: rigor. Kemampuan model Van Hiele untuk menggambarkan dan memprediksi kinerja siswa dalam geometri sekolah menengah diuji di Amerika Serikat (Usiskin, 1982).Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D dan model pengembangan ini terdiri dari empat tahap, yaitu Define (pendefinisian), Design (desain), Develop (pengembangan), dan Desseminate (penyebaran). Setiap tahap dalam pengembangan terdapat kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan. Dalam penelitian ini tahap develop dilakukan sebatas pengembangan materi dan desain berdasarkan kriteria kevalidan lembar kerja siswa. Kriteria LKS yang dikembangkan merujuk pada teori Nieveen yaitu memenuhi kevalidan. Kevalidan yang dinilai dengan melihat validitas pada bagian pengembangan materi pada lembar kerja, dan pengembangan desain lembar kerja siswa (LKS).Hasil penelitian ini berupa data kuantitatif yang diterjemahkan sebagai data kualitatif. Data diperoleh dari angket validasi desain dan angket validasi materi. Validasi dilakukan oleh dua orang ahli, yaitu ahli media Lembar Kerja Siswa dan ahli materi geometri. Berdasarkan validasi desain diperoleh skor rata-rata penilaian 4. Skor ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan bernilai sangat baik dari segi desain dan dapat digunakan namun dengan revisi. Adapun revisi yang dimaksud adalah perlu perbaikan pada ukuran huruf dan gambar untuk menunjang keterbacaan, serta penomoran/penamaan pada gambar agar dapat terindeks dengan baik. Pada validasi materi diperoleh skor rata-rata penilaian 3,07. Skor ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan bernilai baik dari segi materi dan dapat digunakan622 dengan revisi. Adapun revisi yang dimaksud yaitu penambahan contoh agar lebih bervariasi dalam mengantarkan siswa untuk menemukan konsep, dan perluasan materi. Setelah direvisi, Lembar kerja ini mendapat nilai baik sehingga dapat dinyatakan lembar kerja siswa yang valid.
Type: | Conference (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa, Berpikir Geometri, Teori Van Hiele |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Winarni |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 04:37 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 04:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |