Yuliana, Eka and nelli, Destri and Sofwan, Muhammad (2021) Strategi Guru Dalam Menerapkan Sikap Disiplin Belajar Pada Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER 1.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (335kB) |
Abstract
ABSTRAK Yuliana, Eka. 2020. Strategi Guru Dalam Menerapkan Sikap Disiplin Belajar Pada Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd., (II) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Disiplin Belajar, Pembelajaran Daring. Strategi merupakan rangkaian perencanaan yang dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Saat melakukan penelitian, peneliti menemukan bahwa peserta didik sudah menerapkan sikap disiplin belajar saat pembelajaran. Peserta didik memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui strategi yang dilakakukan oleh guru dalam menerapkan sikap disiplin belajar pada pembelajaran daring di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan sikap disiplin belajar pada pembelajaran daring di SDIT Ahmad Dahlan khususnya di kelas IV A. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian fenomenologi, yang mendeskripsikan tindakan dan fenomena yang dilakukan oleh subjek dalam penelitian strategi guru dalam menerapkan sikap disiplin belajar pada pembelajaran daring. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dalam menerapkan sikap disiplin belajar di kelas IV A SDIT Ahmad Dahlan adalah guru menggunakan strategi dalam menerapkan disiplin belajar pada pembebelajaran daring. strategi yang dilakukan guru dalam menerapkan sikap disiplin belajar pada pembelajaran daring adalah dengan cara guru membuat aturan dalam pelaksanaan pembeajaran. Aturan yang dibuat guru dalam proses pembelajaran di kelas IV A yaitu aturan yang ditetapkan dengan pembelajaran dengan menggunakan whatsapp dan zoom. Aturan yang ditetapkan saat menggunakan whatsapp yaitu guru mewajibkan semua peserta didik untuk bergabung didalam grup kelas, disiplin dalam mengumpulkan tugas. Saat menggunakan zoom guru menerapkan disiplin bahwa peserta didik harus tepat waktu saat masuk dan keluar zoom, peserta didik mematikan audio dan mengaktifkan video saat pembelajaran berlangsung dan peserta didik memperhatikan guru saat menjelaskan materi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Eka Yuliana |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 07:22 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 07:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |