STRATEGI GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH DASAR

Ernawati, Putri and maryono, maryono and Noviyanti, Silvi (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Putri Ernawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover .pdf

Download (38kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (237kB)

Abstract

Ernawati, Putri. 2021. Strategi Guru Dalam Memanfaatkan Media Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar . Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Maryono, M.Pd Pembimbing (II) Silvina Noviyani, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Strategi Guru dan Media Video Pembelajaran Strategi yaitu sebuah cara yang dilakukan seorang guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk menyampaikan materi pembelajaran di masa pandemi Covid 19 guru memerlukan sebuah media sebagai perantara dalam menyampaikan pembelajaran. Media yang dapat digunakan oleh guru yaitu dalam bentuk video pembelajaran. Dalam memanfaatkan media video pembelajaran guru memilki strategi, agar pembelajaran dapat berjalan sebagaimana mestinya Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai strategi guru dalam memanfaatkan media video pembelajaran pada masa pandemi Covid 19 di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian femenologi. Jenis penelitian femenologi yaitu penelitian yang mendeskripsikan pengalaman guru dalam memanfaatkan media video pembelajaran pada mas pandemi Covid-19. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi dan wawancara. Data dalam penelitian ini yaitu deskripsi strategi guru dalam memanfaatkan media video pembelajaran pada masa pandemiCovid 19 di sekolah dasar. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru kelas IV SDN 182/I Hutan Lindung. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam memanfaatkan media video pembelajaran pada masa pandemic Covid 19 ada tiga yaitu persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Persiapan yang dilakukan oleh guru yaitu memahami materi yang akan disampaikan, membuat video pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran dan guru membuatnya dengan peralatan yan dimilikinya. Pelaksanaan yang dilakukan oleh guru dalam memanfaatkan media video pembelajaran yaitu mengirimkan video pembelajara tersebut ke dalam whtshapp Group. Dan tindak lanjut yan dilakukan oleh guru yaitu guru memberikan tugas, dan membuat video pembelajaran yang menarik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Putri Ernawati
Date Deposited: 18 Mar 2021 06:52
Last Modified: 18 Mar 2021 06:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17897

Actions (login required)

View Item View Item