Cahya, Ramadhan Dwi (2021) Strategi Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar IT Asy-Syifa Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
Abstract
ABSTRAK Cahya, Ramadhan Dwi. 2021, “Strategi Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Konstektual Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar IT Asy-Syifa Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekoah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Muhammad Sofwan. S.Pd., M.Pd., (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Jarak Jauh, Pendekatan Konstektual Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan oleh guru dalam menerapkan pendekatan konstektual pada pembelajaran jarak jauh di Sekolah Dasar IT Asy-Syifa Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar IT Asy-Syifa Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data diperoleh dari wali kelas III A sebagai data utama. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh informan yang diteliti, dengan melakukan pengamatan secara langsung dilapangan dan wawancara serta dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menerapkan pendekatan konstektual pada pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan strategi bagi peserta di sekolah dasar. Adapun bentuk strategi yang diterapkan yaitu: 1). Guru menerapkan pembelajaran berbasis lingkungan, 2). Guru menerapkan strategi pembelajaran berbasis pengalaman peserta didik, 3). Guru memberikan pertanyaan melalui LKPD dan pertanyaan verbal secara langsung, 4). Guru menerapkan strategi pemberian contoh bagaimana mengerjakan suatu tugas dalam pembelajaran, 5). Guru menerapkan strategi dalam melakukan refleksi disetiap akhir pembelajaran, 6). Guru melakukan strategi penilaian yang dilakukan setelah peserta didik mengumpulkan tugas yang diberikan. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran berbasis pendekatan konstektual dalam proses belajar mengajar agar pembelajaran lebih menyenangkan dan menjadi lebih mudah dipahami bagi peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | RAMADHAN DWI CAHYA |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 01:31 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 01:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |