Analisis Kendala Guru Kelas VI dalam Menggunakan Whatsapp untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar

Fitrianti, Shinta and maryono, maryono and Hariandi, Ahmad (2021) Analisis Kendala Guru Kelas VI dalam Menggunakan Whatsapp untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas negeri Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (25kB)
[img] Text
SKRIPSI SHINTA FITRIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fitrianti, Shinta. 2021. Analisis kendala guru dalam menggunakan whatsapp untuk pembelajaran daring: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M.Pd., (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag Kata kunci : analisis, kendala, whatsapp Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara guru kelas VI menggunakan whatsapp untuk pembelajaran daring di SD Negeri 197/IX Pematang Gajah dan menganalisis kendala yang dihadapi guru kelas VI SDN 197/IX Pematang Gajah dalam menggunakan whatsapp . Penelitian ini dilakukan di SDN 197/IX Pematang Gajah Pada Januari 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis miles dan hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melaksanakan pembelajaran daring selama kegiatan yang mengharuskan belajar dari rumah, pada pembelajaran daring guru menggunakan whatsapp, cara guru menggunakan whatsapp dengan dua fitur untuk pembelajaran daring yaitu fitur teks dan gambar. Melalui cara guru menggunakan whatsapp didapatkan data kendala yang dihadapi guru kelas VI dalam menggunakan whatsapp ialah Guru terkendala karena keterbatasan serta pengetahuan tentang aplikasi whatsapp tersebut yang dangkal. Maka dari itu guru mengalami kendala dalam melakukan kegiatan pembelajaran daring yang saat ini berlangsung. Dikarenakan pengetahuannya yang terbatas tentang whatsapp guru melaksanakan pembelajaran dengan fitur yang beliau ketahui yakni teks dan foto berasal dari buku. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu Cara guru menggunakan whatsapp untuk pembelajaran daring yakni Guru menggunakan fitur teks dan gambar. Kendala guru dalam menggunakan whatsapp terdapat dari dalam diri guru sendiri berupa kendala non fisik serta kendala secara fisik tentang peserta didik yang tidak memiliki sarana dan prasarana.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Shinta Fitrianti
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:26
Last Modified: 22 Mar 2021 04:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18951

Actions (login required)

View Item View Item