Syafitri, Lusi and Arsil, Arsil and Hariandi, Ahmad (2021) Implementasi Pembelajaran Daring dalam Muatan PJOK melalui Penggunaan Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran di Kelas II Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI A1D117069 LUSI SYAFITRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Syafitri, Lusi. 2021. Implementasi Pembelajaran Daring dalam Muatan PJOK melalui Penggunaan Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran di Kelas II Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Ahmad Hariandi, S,Pd.I., M.Ag., Kata kunci : Implementasi, Muatan Pelajaran PJOK, TikTok, Media Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring dalam muatan PJOK melalui penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran di kelas II Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SDN 236/IX Aur Duri pada Januari 2021. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada guru kelas II mengenai pelaksanaan pembelajaran daring dalam muatan PJOK melalui penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dalam muatan PJOK melalui penggunaan aplikasi TikTok dapat mendorong peserta didik untuk bergerak aktif mengikuti kegiatan pembelajaran meskipun dilakukan dari rumah. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui pemanfaatan aplikasi TikTok dapat mendorong aktivitas fisik peserta didik guna merancang pertumbuhan dan perkembangan emosional, motorik dan sosial peserta didik. Dengan menggunakan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran, peserta didik menjadi lebih aktif bergerak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring dalam muatan PJOK melalui pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran, diperlukan adanya kerjasama yang kuat antara guru dan orang tua. Dalam hal ini, selain orangtua dapat mendorong semangat belajar peserta didik, orangtua juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi TikTok. Seperti yang sering digunakan peserta didik yaitu fitur rekam video, suara latar, edit dan bagikan. Kesimpulan dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dalam muatan PJOK melalui penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran dapat mendorong peserta didik untuk bergerak aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, tentunya dengan adanya kerjasama dan dorongan dari orang tua selama peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran dalam jaringan yang dilakukan di rumah. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, ada beberapa tahapan pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui penggunaan aplikasi TikTok dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Lusi Syafitri |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 04:27 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 04:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |