Problematika Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar

Putri, Yoan Melisa and Hariandi, Ahmad and Alirmansyah, Alirmansyah (2021) Problematika Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
UPLOAD SKRIPSI YOAN MELISA PUTRI (A1D117049).pdf

Download (4MB)

Abstract

Putri, Yoan Melisa. 2021. Problematika Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. (II) Alirmansyah, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Problematika Guru, Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 111/I Muara Bulian pada November-Desember 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data pada penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi mengenai problematika guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar. Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menemukan banyak problematika dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar. Pada aspek pelaksanaan ditemukan tujuh problematika yaitu 1. Tidak semua kegiatan yang tercantum di dalam RPP dapat terlaksana, 2. Sulit terjadi komunikasi antar peserta didik, 3. Tidak semua peserta didik dapat berpartisipasi, 4. Kemandirian belajar peseta didik yang sulit terlihat, 5. Ketercapaian materi yang tidak maksimal, 6. Sulit mengidentifikasi tingkat pemahaman peserta didik, 7. Keterlambatan dalam pengumpulan tugas. Sedangkan pada aspek evaluasi ditemukan tiga problematika yaitu 1. Tugas yang dikumpulkan kurang jelas, 2. Sulitnya melakukan penilaian, 3. Sulitnya melakukan perbaikan. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini bahwa guru kelas III SDN 111/I Muara Bulian menemukan banyak problematika dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dilihat dari aspek pelaksanaan dan evaluasi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Yoan Melisa Putri
Date Deposited: 23 Mar 2021 01:30
Last Modified: 23 Mar 2021 01:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19032

Actions (login required)

View Item View Item