KEEFEKTIFAN PORTAL RUMAH BELAJAR SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SEKOLAH DASAR

Novianti Butarbutar, Brigita (2021) KEEFEKTIFAN PORTAL RUMAH BELAJAR SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_BRIGITA_NOVIANTI_BUTARBUTAR ( A1D117017 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)

Abstract

ABSTRAK Butarbutar, Brigita Novianti. 2021. Keefektifan Portal Rumah Belajar sebagai Sarana Pembelajaran Matematika secara Daring di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Eko Kuntarto, M. Pd. M. Comp.Eng (II) Muhammad Sofwan, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci : Keefektifan, Portal Rumah Belajar, Pembelajaran secara Daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan portal rumah belajar sebagai sarana pembelajaran Matematika secara daring di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran Matematika yang dilakukan secara daring di Sekolah Dasar membuat peserta didik kesulitan untuk belajar. Hal ini juga dikarenakan sarana pembelajaran yang diberikan oleh guru terbatas sehingga cukup hanya dilakukan melalui WhatsApp dan Zoom. Sehingga dengan adanya portal rumah belajar diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik untuk belajar Matematika secara daring. Penelitian ini dilakukan di SDN 111/I Muara Bulian pada bulan Januari-Februari. Data penelitian ini diperoleh melalui tes yang dilakukan dengan menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test. Adapun subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan portal rumah belajar sebagai sarana pembelajaran Matematika secara daring di Sekolah Dasar adalah : (1) portal rumah belajar sebagai sarana pembelajaran Matematika secara daring dikatakan “cukup efektif” untuk digunakan; (2) tingkat keefektifan dibuktikan dari taraf signifikan korelasi product moment sebesar 0,501; (3) hal ini diperkuat juga dengan nilai rata-rata post-test lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pre-test dengan selisih sebesar 1,11; (4) kemudian penulis juga menggunakan uji linearitas dan diperoleh hasil sebesar 0,259 sehingga semakin memperkuat bahwa terdapat hubungan yang linear antara variabel dependen dengan variabel independen. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa portal rumah belajar dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran Matematika secara daring di Sekolah Dasar. Dari penelitian tersebut disarankan guru menggunakan portal rumah belajar yang dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran Matematika secara daring guna meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika. Penelitian ini juga menyarankan agar sekolah juga melengkapi segala fasilitas yang digunakan untuk menggunakan portal rumah belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: BRIGITA NOVIANTI BUTAR BUTAR
Date Deposited: 26 Apr 2021 02:22
Last Modified: 26 Apr 2021 02:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19421

Actions (login required)

View Item View Item