Wicaksono, Agung (2021) ANALISIS GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS IV SDN 31/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (549kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
Abstract
Wicaksono, Agung. 2021. Analisis Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Kelas IV SDN 31/IV Kota Jambi. Skripsi, program studi pendidikan guru sekolah dasar, jurusan pendidikan anak usia dini dan dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. FAIZAL CHAN, S.Pd., M.Si. (II) AHMAD HARIANDI, S.Pd.I., M.Ag. Kata Kunci: Guru, Pembelajaran Jarak Jauh Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan Pembelajaan Jarak Jauh Di Kelas IV SDN 31/IV Kota Jambi. Hal ini dikarenakan bentuk pembelajaran jarak jauh dilaksanakan dengan cara yang berbeda-beda pada setiap sekolah. Metode pada penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota Jambi pada bulan Januari s.d Februari 2021. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang penerapan Pembelajara Jarak Jauh oleh guru, melalui metode wawancara dan observasi serta dokumentasi sebagai pendukung. Dengan subjek penelitian adalah guru kelas IV yaitu kelas IV.A dan IV.B. Hasil penelitian menunjukkan di Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota Jambi telah melaksanakan proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, guru telah melaksanakannya dalam bentuk daring sehingga siswa tidak perlu lagi untuk datang ke sekolah. Pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh dengan menggunakan model pembelajaran daring. Pembelajaran menggunakan aplikasi Whatsapp, penggunaan aplikasi ini lebih dirasa mudah oleh guru. Dalam proses perencanaan pembelajaran guru telah menyiapkan dan memperhatikan segala komponen yang akan digunakan pada pembelajaran. Guru membuat persiapan yang nantinya dapat digunakan dalam pembelajaran berbasis web, perencanaan pembelajaran menggunakan komponen berbasis web haruslah selalu diperhatikan. Pelaksanaan pembelajaran juga dirasa sudah berjalan dengan baik, penggunaan aplikasi Whatsapp yang digunakan oleh Guru membuat pembelajaran tetap terlaksana seperti biasanya secara selektif. Dalam pelaksanaan pembelajaran harus memilih alat atau media yang dirasa cocok untuk menyampaikan materi pelajaran. Evaluasi pembelajaran sudah dirasa berjalan dengan baik, evaluasi dilakukan untuk mengukur sejauh mana pencapaian tujuan belajar yang telah dilakukan. Dan mengetahui apakah tujuan itu sudah tercapai atau belum. Dari fokus penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan yaitu dengan adanya wabah virus Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di kelas IV sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari proses Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi yang di laksanakan oleh Guru memakai komponen berbasis web/dalam jaringan. Ini membuktikan bahwa Sekolah Dasar tersebut telah mengikuti Permendikbud Nomor 119 Tahun 2014 sebagai upaya dalam menekan angka penyebaran virus Covid-19 khususnya di lingkunngan sekolah dan sekitarnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | AGUNG WICAKSONO |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:41 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 04:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |