Implementasi Penggunaan Media Online WhatsApp Pada Pembelajaran Daring di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 236/IX Aur Duri II Mendalo Darat

Fazria, Fazria (2021) Implementasi Penggunaan Media Online WhatsApp Pada Pembelajaran Daring di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 236/IX Aur Duri II Mendalo Darat. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FAZRIA A1D117120 FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER FAZRIA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Fazria. (2021). “Implementasi Penggunaan Media Online WhatsApp Pada Pembelajaran Daring di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 236/IX Aur Duri II Mendalo Darat”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Muhammad Sofwan, S.Pd.,M.Pd., Pembimbing (2) Issaura Sherly Pamela, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, WhatsApp, Pembelajaran Daring Terkait dengan adanya wabah Covid-19 membawa dampak dalam berbagai sektor kehidupan. Salah satunya pada sektor pendidikan. Dengan hal tersebut, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan, salah satunya dengan menutup seluruh sekolah guna untuk pencegahan pemyebaran virus Covid-19 sehingga pembelajaran saat ini dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi penggunaan media online WhatsApp pada pembelajaran daring di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 236/IX Aur Duri II Mendalo Darat. Pendekatan yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menggambarkan pelaksanaan pembelajaran daring di SDN 236/IX Aur Duri II Mendalo Darat tepatnya di kelas IV sudah terlaksana. Kemudian sarana dan prasaran dalam pembelajaran daring seperti Handphone sudah tersedia. Dalam pembelajaran daring guru melakukan perencanaan pembelajaran yakni guru menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran, kemudian guru menyiapkan bahan ajar serta media pembelajaran. Namun dalam melaksanakan pembelajaran daring terdapat kendala yakni terkendala pada kondisi jaringan internet yang tidak stabil, dan siswa kurang memahami materi pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah saat merencanakan pembelajaran guru menyiapkan rencana pembelajaran (RPP), bahan ajar, dan menyiapkan media pembelajaran untuk proses pembelajaran. Pelaksanaan pada pembelajaran daring dengan menggunakan WhatsApp guru mengirimkan link video pembelajaran ke grup WhatsApp kelas. Kemudian dengan WhatsApp guru dapat membagikan link zoom.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Fazria
Date Deposited: 27 Apr 2021 07:04
Last Modified: 27 Apr 2021 07:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19623

Actions (login required)

View Item View Item