STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19

Wasena, Intan Seftiyani (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER-dikonversi.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-dikonversi.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I-converted.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB V-converted.pdf

Download (34kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (249kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada kelas V SDN 211/IX Mendalo Darat. Guru sudah membentuk pendidikan karakter disiplin yang baik kepada peserta didik. Hal ini terlihat peserta didik menjalankan disiplin belajarnya walaupun proses pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran dalam jaringan. Untuk itu dalam proses pembelajaran dalam jaringan ini guru berusaha menggunakan strategi-strategi yang baik agar sikap disiplin peserta didik tetap terlaksana dan berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam membentuk pendidikan karakter disiplin pada peserta didik di masa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan sikap disiplin dalam proses pembelajaran dalam jaringan di SDN 211/IX Mendalo Darat. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yaitu mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk pendidikan karakter disiplin pada peserta didik di masa pandemi Covid-19. Adapun teknik pengumpulan data dalm penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam membentuk pendidikan karakter disiplin pada peserta didik di masa pandemi Covid-19. Sumber data pada penelitian ini guru wali kelas V. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan dalam pembelajaran dalam jaring an guru menggunakan strategi-strategi efektif supaya peserta didik tetap memiliki sikap disiplin yang baik walaupun pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran dalam jaringan. Dalam menggunakan strategi tersebut guru menjalankan perannya sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator dan evaluator. Namun dalam membentuk karakter disiplin tersebut juga terdapat faktpr pendukung dan penghambat yang dialami guru dalam membentuk sikap disiplin tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat faktor pendukung dan penghambat yang dialami guru dalam membentuk sikap disiplin belajar peserta didik dalam pembelajaran dalam jaringan namun guru tetap memiliki berbagai macam strategi-strategi efektif untuk mengatasi masalah tersebut sehingga sikap disiplin peserta didik berjalan dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: INTAN SEFTIYANI WASENA
Date Deposited: 22 Jun 2021 06:58
Last Modified: 22 Jun 2021 06:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19732

Actions (login required)

View Item View Item