PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA SMA BERBASIS ETNOSAINS PADA PROSES PENGOLAHAN SECARA TRADISIONAL KOPI RAKYAT DI KERINCI

Milyani, Vetty (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA SMA BERBASIS ETNOSAINS PADA PROSES PENGOLAHAN SECARA TRADISIONAL KOPI RAKYAT DI KERINCI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

Milyani, Vetty. 2021. Pengembangan Buku Pengayaan Fisika SMA Berbasis Etnosains pada Proses Pengolahan secara Tradisional Kopi Rakyat di Kerinci: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si., (II) Wawan Kurniawan, S.Si, M.Cs. Kata kunci: buku pengayaan, fisika, etnosains, pengolahan kopi Nur Kerinci Proses pengolahan tradisional kopi Nur Kerinci merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang terdapat di Provinsi Jambi. Proses pengolahan kopi tersebut dapat diintegrasikan dalam bidang kajian etnosains, khususnya pada materi fisika. Akan tetapi, berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 11 Kota Jambi dan SMAN 8 Muaro Jambi, didapatkan data bahwa sebanyak 86,1% dari 33 siswa mengalami kesulitan dalam menjelaskan konsep fisika pada proses pengolahan tradisional kopi Nur Kerinci. Selain itu, didapatkan pula data bahwa siswa lebih sering menggunakan sumber referensi wajib dibandingkan sumber referensi tambahan dalam proses pembelajaran fisika. Pada kenyataannya, sumber referensi tambahan seperti buku penunjang banyak tersedia di perpustakaan sekolah. Buku tersebut juga telah dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, namun belum tersedia buku penunjang yang dikaitkan dengan kearifan lokal, terkhusus pada proses pengolahan tradisional kopi Nur Kerinci. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku penunjang berupa buku pengayaan fisika SMA berbasis etnosains pada proses pengolahan tradisional kopi Nur Kerinci dan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa mengenai buku pengayaan tersebut. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Namun, tahap disseminate tidak dilakukan dalam penelitian ini. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII MIPA 1 SMAN 11 Kota Jambi yang berjumlah 24 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket, lembar wawancara, lembar validasi ahli, angket persepsi siswa, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Kearifan lokal berupa pengolahan tradisional kopi Nur Kerinci dijadikan sebagai konteks permasalahan untuk menggali konsep sains, terutama pada konsep fisika. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase skor rata-rata 93,33% dengan kategori “sangat baik” dan ahli media sebesar 93,33% dengan kategori “sangat baik”. Selain itu, hasil uji coba persepsi siswa atau uji kepraktisan juga diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 89,53% dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku pengayaan fisika SMA berbasis etnosains pada proses pengolahan tradisional kopi Nur Kerinci layak dan praktis untuk digunakan

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: MILYANI
Date Deposited: 25 May 2021 07:33
Last Modified: 25 May 2021 07:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19929

Actions (login required)

View Item View Item