Analaisis peran guru dalam membimbing siswa pada masa pandemi covid-19 di sekolah dasar

Ami valensy, Dhea and Suhandi, Andi and Sherly Pamela, Issaura (2021) Analaisis peran guru dalam membimbing siswa pada masa pandemi covid-19 di sekolah dasar. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
COVER-converted (1).pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-converted.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Valensy, Dhea Ami. 2021. Peran Guru Dalam Membimbing Siswa Pada Masa Pnademi Covid-19 di Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd.,M.Pd.I , M.Pd. (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Analisis Peran Guru dalam Membimbing Siswa pada Masa Pandemi Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya aspek pendidikan. Dengan adanya pandemi ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran di Indonesia yaitu pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membimbing siswa di masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi yang mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subyek yang diteliti dalam membimbing siswa di masa pandemi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian ini adalah deskripsi peran guru dalam membimbing siswa di masa pandemi Covid-19 di kelas 1 Sekolah Dasar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas 1 SDS Adhyaksa 1 Kota Jambi dan membantu guru dalam membimbing siswa. Penelitian ini membahas tentang membimbing siswa dimasa pandemi Covid -19 di Sekolah dasar, sekolah tersebut guru kelas rendah melakukan dengan cara bergantian 1 bulan 4 kali untuk membimbing siswa di masa pandemi ini, gur juga mengirim video untuk belajar dari rumah melalui aplikasi whasttap dan melalui hp orangtua masing-masing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membimbing siswa di SDS Adhyaksa 1 Kota Jambi tepatnya pada kelas 1 sudah terlaksana, sarana dan prasarana sudah tersedia sehingga mendukung membimbing siswa. Dalam melaksanakan bimbingan guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu dengan menggunakan media, literasi, metode ceramah dan berkomunikasi dengan orang tua siswa untuk membimbing. Bimbingan secara daring merupakan tantangan baru untuk guru, guru harus fleksibel membimbing siswa di masa pandemi ini guru membimbing siswa dengan cara mendatang kan siswa kesekolah setiap hari dengan bergantian dan mengikuti protocol kesehatan selain itu guru juga memvideo call kan siswa untuk bimbingan melalui aplikasi whatssAp.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Dhea Ami Valensy
Date Deposited: 31 May 2021 01:21
Last Modified: 31 May 2021 01:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20018

Actions (login required)

View Item View Item