., Tulasih (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS)BERBANTUAN CABRI II PLUS PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DI KELAS VIII SMP. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
1. h. sampul-1.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
5. daftar isi dkk-1.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
6. bab 1.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text
10. bab 5.pdf Download (201kB) |
Abstract
ABSTRAK Tulasih. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Berbantuan Cabri II Plus Pada Materi Teorema Phytagoras di Kelas VIII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Yelli Ramalisa, S.Pd., M.Sc. (2) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Cabri II Plus, Modul, STEM, Teorema Phytagoras Penelitian ini berdasarkan dengan tuntuan kurikulum 2013 dan perkembangan abab ke-21 yaitu siswa diharapkan mampu lebih aktif, mampu menggunakan teknologi dan lebih mandiri selama proses pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu bahan ajar tambahan berupa modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Berbantuan Cabri II Plus pada Materi Teorema Phytagoras di Kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (2009) yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluate (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah Dosen pendidikan matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan desain, guru matematika kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi pada uji coba perorangan, 9 orang siswa kelas VIII B pada uji coba kelompok kecil yang memiliki kriteria rendah, sedang dan tinggi, seluruh siswa kelas VIII B yang berjumlah 31 orang siswa pada uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi instrumen, angket validasi materi, angket valiasi desai, angket praktikalitas modul oleh guru angket praktikalitas modul oleh siswa, angket efektifitas modul atau angket respon siswa dan lembar penilaian soal tes hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi tim ahli dari segi materi adalah 96,36% (sangat valid) dan dari aspek desain adalah 90% (sangat valid). Hasil angket kepraktisan oleh guru adalah 90,67% (sangat praktis) dan kepraktisan oleh siswa adalah 84,26% (sangat praktis). Hasil angket efektifitas modul oleh siswa atau angket respon siswa adalah 81,88% dan berdasarkan hasil tes hasil belajar siswa adalah 83,87%. Untuk presentase ketuntasan tes hasil belajar siswa didasarkan pada KKM 70 yang digunakan di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | TULASIH |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 03:06 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 03:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |