Efektifitas Model Pembelajaran Problem Base Learning Berbantukan Multimedia Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Syahril, Herijon Muhammad and Ngatijo, - and Muhaimin, Muhaimin (2019) Efektifitas Model Pembelajaran Problem Base Learning Berbantukan Multimedia Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. JISIC (Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry), 11 (2). pp. 43-48. ISSN 2621-5543

[img] Text
Efektivitas model pembelajaran....pdf

Download (279kB)
Official URL: https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/vi...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektifitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran jenis Exploratory Sequential Design. Penelitian ini akan mendapatkan data kualitatif dan kuantitatif yang keduanya akan digabung untuk memperoleh data yang lebih rinci dan saling menguatkan. Berdasarkan hasil temuan pada penelitian ini didapatkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah pada kelas PBL berbantuan multimedia lebih tinggi dibandingkan dengan kelas PBL. (2) Multimedia berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai uji -t = 0.007. (3) Ketuntasan siswa pada kelas PBL berbantukan multimedia mencapai 88% sedangkan pada kelas PBL mencapai 50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan multimedia efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ngatijo
Date Deposited: 19 Feb 2022 12:55
Last Modified: 19 Feb 2022 12:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20075

Actions (login required)

View Item View Item